Mentan Sebut Tantangan Pertanian 2023 Bukan Gelap Biasa, Ada Krisis Pangan?

ADVERTISEMENT

Mentan Sebut Tantangan Pertanian 2023 Bukan Gelap Biasa, Ada Krisis Pangan?

Aulia Damayanti - detikFinance
Jumat, 02 Sep 2022 10:58 WIB
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo hadir dalam rapat bersama Komisi IV DPR. Rapat itu membahas program kerja Kementan 5 tahun ke depan.
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo/Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta -

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menyebut tantangan dunia pertanian ke depan tidak mudah. Ia mengatakan situasinya bukan gelap biasa.

"Tantangan pertanian ke depan tidak ringan, 2023 itu menurut IMF dan bapak Presiden selalu memberikan arahan dark significant, bukan gelap biasa," katanya dalam rapat kerja dengan Komisi IV DPR Rabu lalu, dikutip Jumat (2/9/2022).

Meski begitu, dia meyakini kondisi kelompok tani dalam menghadapi tantangan itu cukup baik. Bahkan, pemerintah daerah juga disebut berlomba-lomba untuk mencari solusi dan memberikan dukungan.

"Di lapangan, kondisi kesiapan petani kelompok tani sangat cukup merespons aktivitasnya. Sekarang para bupati, gubernur memberikan support terhadap tantangan-tantangan ke depan yang memang sangat besar," jelasnya.

Syahrul mengatakan pihaknya tidak akan mengabaikan prediksi situasi tersebut. Ia menambahkan bahwa jajaran Kementerian Pertanian akan berkomitmen untuk menghadapi situasi ke depan.

"Kita tidak boleh abai. Sekali lagi kita tidak basa basi, Sekjen, Dirjen tidak akan keluar dari komitmen yang ada. Komitmen ini dilakukan sesuai kemampuan kami," jelasnya.

"Saya berharap prestasi kemarin, bukan prestasi Kementan. Tetapi prestasi DPR Insyaallah karena kami di-challenge terus mendapatkan tantang serius," tutupnya.

Lihat juga video 'Swasembada Beras, Indonesia Terima Penghargaan Ketahanan Pangan dari IRRI:

[Gambas:Video 20detik]



(ada/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT