Maluku dan Papua Bakal Dibanjiri Telur Rp 27.000/Kg

ADVERTISEMENT

Maluku dan Papua Bakal Dibanjiri Telur Rp 27.000/Kg

Aulia Damayanti - detikFinance
Jumat, 02 Sep 2022 19:15 WIB
Pasar telur murah demi menekan harga
Foto: Aulia Damayanti/detikcom
Jakarta -

Badan Pangan Nasional (National Food Agency) berencana menyalurkan telur ayam Rp 27.000 per kilogram ke Maluku dan Papua. Hal itu rencananya akan dilakukan setelah penyaluran ke pasar-pasar di Jakarta.

Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetya Adi mengatakan rencana penyaluran ke Papua akan dilakukan karena harga telur di sana lebih dari Rp 30.000 per kilogram. Untuk itu perlu ada intervensi juga seperti yang dilakukan di Jakarta.

"Kita mau ke Papua, karena Maluku-Papua wilayah merah dan ini harus mulai dikerjakan," kata ujarnya saat menggelar operasi pasar telur ayam di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat (2/9/2022).

Penyaluran telur ayam murah ini atau operasi pasar dilakukan dengan cara mensubsidi biaya distribusi dari pusat produksi telur ke wilayah yang mengalami kenaikan harga saat ini. Subsidi ini yang membiayai adalah Badan Pangan Nasional.

"Kita mau setelah kita bantu fasilitasi distribusi, kita harapkan nanti ada perjanjian business to business antara pedagang pasar dengan teman-teman di sentra produksi," ujar Arief.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) Abdullah Mansuri menjelaskan penyaluran telur ayam murah di pasar ini disalurkan langsung ke pedagang pasar. Hal ini dilakukan agar mengintervensi harga yang saat ini tengah tinggi.

"Kalau operasi pasar di jual di pinggir jalan itu nggak akan memberikan stok ke pedagang, harga di pasar akan tetap tinggi. Maka ini kita masukan ke pedagang-pedagang," jelasnya.

Harga telur yang dijual seharga Rp 27.000/kg ini, pedagang membelinya seharga Rp 25.000/kg. Jadi tetap mendapatkan keuntungan.

"Ini barang disuplai ke pedagang harga Rp 25.000/kg, ke konsumen Rp 27.000/kg," jelasnya.

Sebagai informasi, penyaluran telur ayam yang dilakukan Badan Pangan Nasional disebar ke lima pasar yakni Pasar Minggu, Pasar Cijantung, Pasar Inpres Bata Putih Kebayoran Lama, Pasar Kebayoran Lama, serta Pasar Sayur Cipulir. Masing-masing pasar akan dipasok 25 ton telur ayam ras per hari atau setidaknya 10 truk seharinya.

(ada/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT