ADVERTISEMENT

AirAsia Resmi Buka Rute Jakarta-Silangit, Terbang 3 Kali Seminggu

Ilyas Fadilah - detikFinance
Jumat, 02 Sep 2022 20:05 WIB
Pesawat AirAsia Indonesia tujuan Bali, terpaksa kembali ke Australia karena masalah teknis
Foto: BBC World
Jakarta -

Maskapai AirAsia resmi membuka rute domestik Jakarta-Silangit, Sumatera Utara pada Jumat 2 September 2022. CEO Capital A Tony Fernandes mengatakan, rute ini bakal menjadi salah satu rute utama AirAsia.

"Kami memang senang membuka rute dan tujuan baru. Rute Jakarta-Selangit mungkin bukan rute baru seperti Kuala Lumpur-Selangit. Tapi kami melihat potensi besar di Danau Toba, dan rute ini akan menjadi salah satu rute utama AirAsia," kata Tony di Bandara Selangit, Tapanuli Utara Sumatera Utara, Jumat (2/9/2022).

Untuk tahap awal, AirAsia akan melayani penerbangan Jakarta - Silangit 3 kali dalam seminggu setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu. Pesawat yang digunakan adalah Airbus A320 berkapasitas 180 penumpang dengan jatah bagasi gratis 20 kg dan jatah bagasi kabin 7 kg.

Tony mengungkapkan rasa bangganya bisa menghadirkan penerbangan ke Silangit. Apalagi Bandara ini berdekatan dengan Danau Toba yang merupakan destinasi potensial dan bagian dari UNESCO's Geopark.

Pada penerbangan perdananya AirAsia mengangkut 134 penumpang. Direktur Utama Indonesia AirAsia, Veranita Yosephine Sinaga yakin Jika AirAsia bisa mengoptimalkan penerbangan kedepannya.

Veranita mengatakan, AirAsia berkomitmen mendukung pengembangan destinasi wisata di Indonesia. Hal ini diwujudkan dengan menambah rute-rute baru dan berkolaborasi dengan UMKM hingga masyarakat sekitar.

"Melalui rangkaian kegiatan ini kami ingin mempertegas komitmen Indonesia AirAsia sebagai maskapai nasional untuk mendukung pengembangan destinasi wisata di Indonesia secara menyeluruh, tidak hanya dengan penambahan rute tetapi juga menjalin kerja sama promosi produk pariwisata dan ekonomi kreatif sekaligus terlibat dalam upaya pengembangan pendidikan dan pemberdayaan masyarakat di sekitarnya," ungkapnya.

(dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT