Andre Rosiade Dampingi Erick Thohir Resmikan Warung Padang di Belanda

ADVERTISEMENT

Andre Rosiade Dampingi Erick Thohir Resmikan Warung Padang di Belanda

Jihaan Khoirunnissa - detikFinance
Senin, 05 Sep 2022 09:50 WIB
Andre Rosiade
Foto: Andre Rosiade
Jakarta -

Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade bersama Menteri BUMN Erick Thohir berkunjung ke Belanda dalam rangka melihat secara langsung program BNI Diaspora Go Global. Di sana, ia juga meresmikan pengembangan restoran Padang binaan UMKM lokal.

Diketahui, program BNI Diaspora Go Global merupakan program dari pemerintah Indonesia melalui Kementerian BUMN yang dijalankan oleh PT. Bank Negara Indonesia (BNI). Tujuan diadakannya program tersebut demi mendorong peningkatan ekonomi bagi para diaspora Indonesia di dunia, serta menjadi pembuka jalan bagi produk Indonesia untuk go global.

"Saya Andre Rosiade selaku Anggota Komisi VI DPR RI berkesempatan mendampingi Menteri BUMN Erick Thohir untuk melihat secara langsung program BNI Go Global di Belanda. Pada kesempatan ini, Pak Menteri Erick Thohir juga meresmikan pengembangan Restoran Warung Padang Lapek Jo di Kota Den Haag, Belanda," ungkap Andre dalam keterangan tertulis, Senin (5/9/2022).

Andre menjelaskan restoran Warung Padang Lapek Jo mendapatkan bantuan dari BNI untuk melakukan pengembangan bisnisnya di Belanda. Dia menilai hal tersebut perlu mendapat dukungan penuh dari pemerintah. Apalagi dengan melihat tingginya peminat makanan otentik Indonesia di Belanda serta di belahan dunia lainnya.

"Restoran ini dilakukan pengembangan dan sekarang luasnya dua kali lipat lebih besar dari sebelumnya. Dimana pengembangan ini dibantu oleh kementerian BUMN melalui Program BNI Diaspora Go Global. BNI membantu pembiayaan diaspora di berbagai dunia. Warung Padang Lapek Jo ini dibantu dan dibiayai oleh BNI Amsterdam dan BNI London," katanya.

Dalam kunjungannya pada Minggu (4/9) kemarin, Andre berharap masyarakat Indonesia yang berkunjung ke Den Haag, Belanda bisa menyempatkan diri mencicipi cita rasa otentik kuliner Indonesia dari rumah makan padang lapek khas minang itu. Ia juga berharap program BNI Diaspora Go Global dapat terus berjalan untuk mempromosikan kuliner Indonesia ke berbagai negara lainnya.

"Ini bukti masakan minang bisa diterima di seluruh dunia, dan ini menunjukkan bahwa kebijakan Kementerian BUMN terkait BNI Diaspora Go Global telah berhasil membantu diaspora Indonesia di berbagai dunia dan telah berjalan," tegasnya.

Mendorong Ekonomi Diaspora Indonesia

Sementara itu, Direktur Utama BNI Royke Tumilaar menyampaikan dukungan BNI terhadap Restoran Warung Makan Padang Lapek Jo diharapkan dapat mendorong ekonomi diaspora Indonesia. Terlebih, Warung Makan Padang Lapek Jo juga memiliki potensi yang sangat tinggi seiring dengan tingginya peminat makanan otentik Indonesia di Belanda.

"Saya berharap dengan pembiayaan ini akan membantu Lapek Jo dalam hal modal kerja sekaligus melakukan ekspansi bisnis dikarenakan tingginya minat terhadap makanan Indonesia di Belanda," Jelas Royke.

Produk UMKM Go Global

Di sisi lain, Xpora kembali berhasil mendorong UMKM lokal Indonesia untuk melakukan ekspor produknya ke luar negeri. Di antaranya UMKM Indonesia produsen kerupuk telah berhasil melakukan ekspor ke Belanda sebagai makanan pelengkap di Restoran Lapek Jo. Diketahui sebelumnya, Lapek Jo mengimpor kerupuk dari China.

"Ke depannya, BNI akan lebih banyak menyalurkan diaspora loan untuk mendukung pengembangan usaha diaspora serta mengoptimalkan layanan Business Matching dari BNI Xpora agar semakin banyak produk UMKM Indonesia merambah pasar global," kata Royke.

Dikatakannya, ke depan BNI juga akan menggandeng para pengusaha diaspora dalam mempromosikan produk-produk UMKM Indonesia agar semakin diminati di luar negeri.



Simak Video " 'Rambut Putih' Disinggung Saat Menteri Basuki Rapat dengan Komisi V DPR"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT