ADVERTISEMENT

Joe Biden Akan Bertemu XI Jinping di KTT G20 Bali

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Rabu, 07 Sep 2022 08:47 WIB
President Joe Biden meets virtually with Chinese President Xi Jinping from the Roosevelt Room of the White House in Washington, Monday, Nov. 15, 2021. (AP Photo/Susan Walsh)
Foto: AP Photo/Susan Walsh
Jakarta -

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan akan bertemu Presiden China Xi Jinping jika menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada November di Bali, Indonesia.

"Jika dia ada di sana, saya yakin saya akan melihatnya," kata Biden ketika ditanya apakah dia akan bertemu dengan Xi Jinping dikutip melalui CNBC, Rabu (7/9/2022).

The Wall Street Journal sebelumnya melaporkan para pejabat China merencanakan pertemuan antara Xi Jinping dan Biden di Asia Tenggara pada November. Dengan kata lain, Biden mengetahui rencana perjalanan Xi Jinping.

Biden dan Xi Jinping sebelumnya berkomunikasi pada 28 Juli lalu melalui telepon membahas pertemuan di G20. Panggilan tersebut berlangsung di tengah persoalan kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan.

Di sisi lain, Xi Jinping belum pernah beranjak dari negaranya sejak Januari 2020, sebelum pandemi Covid-19.

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) yang akan diadakan di Bali, Indonesia, tahun ini adalah pertemuan tahunan ekonomi terbesar di dunia. Baik Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin berencana menghadiri konferensi tersebut.

"Xi Jinping akan datang. Presiden Putin juga mengatakan kepada saya bahwa dia akan datang," kata Jokowi dikutip dari Bloomberg beberapa waktu lalu.

Lihat juga video 'Memanas, Donald Trump Labeli Joe Biden Musuh Negara!':

[Gambas:Video 20detik]



(ara/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT