ADVERTISEMENT

Singapura Tarik Kecap Manis dan Saus Sambal ABC Asal RI dari Pasaran

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Rabu, 07 Sep 2022 10:47 WIB
Jakarta -

Singapore Food Agency (SFA) atau Badan Pengawas Makanan Singapura baru saja menarik tiga buah produk dari pasar. Adapun dua di antaranya adalah kecap manis ABC dan saus sambal ayam goreng ABC.

SFA menarik kedua produk tersebut dari pasar karena ditemukannya kandungan alergen. Alergen sendiri merupakan senyawa bahan pangan yang dapat memicu alergi atau reaksi sistem kekebalan tubuh manusia.

"Alergen dalam makanan bisa mengakibatkan reaksi alergi pada individu yang sensitif terhadapnya," kata SFA sebagaimana dikutip dari CNA, Rabu (7/9/2022).

Secara terperinci, SFA juga mengatakan bahwa dua produk yang berasal dari Indonesia itu, yakni kecap manis ABC dan saus sambal ACB diketahui mengandung sulfur dioksida. Selain itu pada saus sambal ayam goreng ABC, SFA juga mendeteksi adanya kandungan asam benzoat yang tidak disebutkan pada label kemasan makanan.

Meski demikian, SFA menuturkan bahwa kadar sulfur dioksida dan asam benzoat yang terdeteksi di kedua produk asal Indonesia itu berada dalam batas yang diizinkan dalam bahan pangan.

Hanya saja berdasarkan peraturan makanan Singapura, produk makanan yang mengandung bahan yang diketahui menyebabkan hipersensitivitas harus dicantumkan pada label kemasan makanan. Selain itu semua bahan dalam makanan kemasan juga harus dicantumkan pada label produk dalam urutan menurun dari proporsi beratnya.

Karenanya, SFA menarik kecap manis ABC yang diimpor oleh New Intention Trading dengan tanggal kedaluwarsa 26 Juni 2024. Sementara saus sambal ayam goreng ABC diimpor oleh distributor Arklife dan memiliki tanggal kedaluwarsa 6 Januari 2024.

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT