10 Negara dengan Utang Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia?

ADVERTISEMENT

10 Negara dengan Utang Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia?

Almadinah Putri Brilian - detikFinance
Rabu, 07 Sep 2022 19:30 WIB
Ilustrasi keuangan atau utang
Foto: Getty Images/iStockphoto/pcess609
Jakarta -

Mengetahui daftar negara yang memiliki utang terbanyak di dunia dapat menambah informasi bagi Anda. World Population Review telah merilis daftar negara dengan utang terbanyak di dunia tahun 2022. Bahkan beberapa di antaranya adalah negara maju.

Lalu, negara mana yang memiliki utang terbanyak di dunia? Simak informasinya di bawah ini!

Daftar Negara dengan Utang Terbanyak di Dunia
Dilansir dari laman World Population Review, Rabu (7/9/2022), berikut merupakan daftar negara dengan utang terbanyak di dunia tahun 2022 berdasarkan rasio utang terhadap Produk Domestic Bruto (PDB).

1. Jepang

Utang nasional Jepang mencapai 1.028 triliun yen atau US$ 9.087 triliun. Negara dengan populasi 127.185.332 penduduk ini memiliki utang nasional tertinggi di dunia sebesar 234,18% dari PDB.

Setelah pasar saham jatuh di Jepang, Pemerintah telah mencoba menyelamatkan bank dan perusahaan asuransi, dengan memberi mereka kredit berbunga rendah.

Lembaga perbankan harus dikonsolidasikan dan dinasionalisasi setelah jangka waktu tertentu, sebagai inisiatif stimulus fiskal lainnya yang digunakan untuk membantu menghidupkan kembali ekonomi yang sedang berjuang. Sayangnya, tindakan tersebut menyebabkan tingkat utang Jepang menjadi melejit.

2. Yunani

Yunani adalah salah satu negara yang indah di Eropa tenggara, yang terdiri dari daratan di samping ribuan pulau-pulau kecil yang tersebar baik di laut Lonia dan Aegea.

Namun, negara ini menempati posisi kedua sebagai negara dengan utang terbanyak sebesar 181,78% dari PDB. Utang nasional Yunani sebesar 332,6 miliar euro atau US$ 379 miliar.

3. Portugal

Portal memiliki utang nasional sebesar 232 miliar euro atau US$ 264 miliar. Ekonomi di Portugal harus ditebus oleh Uni Eropa (UE) selama krisis keuangan 2008-2009, tetapi negara ini telah mengalami peningkatan di tahun-tahun sejak itu.

Meskipun secara finansial lebih baik, Portugal secara historis kurang berinvestasi dalam infrastrukturnya dan kecil kemungkinan pertumbuhan yang mereka alami akan berkelanjutan, jika mereka tidak berbuat lebih banyak untuk memperkuat negara, terutama dalam hal jalan dan transportasi.

4. Italia

Utang nasional Italia sebesar 2,17 triliun euro atau US$ 2,48. Dengan jumlah tersebut, Italia masuk daftar negara dengan utang terbanyak di dunia.

Ekonomi Italia sebagian besar diperoleh dari industri. Italia Utara sebagian besar berisi perusahaan swasta, sedangkan Italia Selatan lebih bergantung pada pertanian dan kesejahteraan. Ada juga ekonomi bawah tanah yang substansial di Italia yang diperkirakan mencapai 15% dari PDB mereka.

5. Bhutan

Bhutan memiliki utang nasional sebesar US$ 2,33 miliar. Bhutan adalah negara yang terkurung pada daratan di Asia Selatan di ujung Himalaya. Bhutan berbatasan dengan India di Barat, Selatan dan Timur, dan Cina di Utara.

6. Siprus

Siprus adalah negara kepulauan di Laut Mediterania Timur, yakni pulau terbesar dan terpadat ketiga di wilayah itu dan terletak di sebelah Timur Yunani. Negara ini memiliki utang nasional sebesar 18,95 miliar euro atau U$ 21,64 miliar.

7. Belgia

Utang nasional Belgia sebesar 399,5 miliar euro atau US$ 456,18 miliar. Belgia menjadi negara merdeka pada tahun 1830, setelah berpisah secara politik dengan Belanda. Belgia merupakan sebuah negara yang ditemukan di Eropa Barat, di sepanjang Laut Utara, antara Belanda dan Prancis.

8. Amerika Serikat (AS)

Dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia, berdasarkan data Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), AS menempati urutan ke-39 di dunia untuk harapan hidup. Meskipun AS memiliki ekonomi keseluruhan terbesar di dunia, As tidak memiliki PDB per kapita tertinggi. AS memiliki utang nasional sebesar US$ 19,23 triliun.

9. Spanyol

Spanyol memiliki utang negara 1,09 triliun euro atau US$ 1,24 triliun. Kepadatan penduduk negara ini lebih rendah daripada sebagian besar Negara Eropa Barat lainnya. Dalam hal kualitas hidup, perawatan kesehatan, dan akses yang diperlukan untuk air minum dan sanitasi, Spanyol relatif baik-baik saja.

10. Singapura

Negara dengan utang terbanyak di dunia juga ditempati negara tetangga Indonesia yakni, Singapura. Singapura memiliki utang nasional sebesar US$ 254 miliar.

Indonesia tidak termasuk dalam 10 daftar negara dengan utang terbanyak di dunia. Berdasarkan data World Population Review, persentase utang Indonesia terhadap PDB yaitu 29,80%. Demikian 10 daftar negara dengan utang terbanyak di dunia tahun 2022.

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT