ADVERTISEMENT

Tapal Batas

Cara Buat Ikan Bandeng Air Payau Gemuk, Raup Puluhan Juta Sekali Panen

Angga Laraspati - detikFinance
Jumat, 09 Sep 2022 12:08 WIB
Usaha Tambak Ikan Bandeng
Foto: detikcom
Timor Tengah Utara -

Ikan bandeng (Chanos chanos) adalah ikan pangan yang populer di wilayah Asia Tenggara. Ikan ini biasanya dibudidayakan dari kecil atau nener oleh masyarakat, salah satunya di Indonesia.

Salah satu tambak dari ikan bandeng ini bisa ditemukan di Kota Kecil Wini, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur. Jemi adalah salah satu dari beberapa petambak ikan bandeng yang ada di wilayah perbatasan dengan Timor Leste ini tepatnya distrik Oekusi.

Jemi menuturkan tambak yang ia miliki adalah warisan dari orang tuanya sejak tahun 1999. Dengan luas sekitar 60x50 meter persegi, tambak ini mampu menghasilkan 400 kg dalam satu kali panen.

"Bandeng ini dari bibitnya itu nener, mengambil di laut, per ekornya Rp 500, setelah kita dapat bibit nenernya itu kita taruh di suatu tempat untuk pembesaran kemudian langsung kita tebar. Dalam jangka waktu 6-7 bulan itu panen," imbuh Jemi kepada detikcom beberapa waktu yang lalu.

Dalam menambak, Jemi mengatakan perlu ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membuat bandeng yang dipanen menjadi gemuk dan berkualitas. Salah satu cara yang diperhatikan adalah dengan memberikan makanan yang berkualitas dan juga vitamin secara berkala.

"Cara membuat bandeng berkualitas tinggi ya kita perhatikan makanannya. Kita kasih perangsang untuk ikan biar lebih cepat dan baik berkembangnya itu pakai PS10. Selama ini juga tidak pakai vitamin. Kalau disuplai dengan vitamin pasti perkembangannya bisa lebih cepat sih," kata Jemi.

"Kalau supply makanannya kurang ya kita pakai sirih capit, kelapa, dedak, ya makanan-makanan lokal deh untuk jadi pakannya, tidak mempengaruhi pertumbuhan," sambungnya.

Selain pemberian makanan dan juga vitamin, tempat menambak bandeng juga harus diperhatikan salinitas atau kadar garamnya. Bila kadar garam tinggi, maka akan terlihat buih-buih putih di pinggir tambak dan untuk mengurangi, biasanya penambak akan menambah kadar air.

"Karena kalau air terlalu asin atau salinitasnya tinggi ya ikan bandeng akan mati," tuturnya.

Baca Selanjutnya >>>

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT