Jadi Raja Inggris, Muka Charles Bakal Mejeng di Uang Pound Sterling

ADVERTISEMENT

Jadi Raja Inggris, Muka Charles Bakal Mejeng di Uang Pound Sterling

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Jumat, 09 Sep 2022 13:15 WIB
Pangeran Charles
Pangeran Charles III. Foto: Istimewa
Jakarta -

Wajah mendiang Ratu Elizabeth II menghiasi semua mata uang dan perangko di Britania Raya. Lantas, bagaimana nasib uang kertas, koin, dan perangko tersebut pasca meninggalnya Ratu Elizabeth II?

Dilansir melalui Metro UK Jumat, (9/9/2022), setelah kematian Ratu Elizabeth II, uang dan koin yang beredar saat ini akan diganti dengan wajah Raja Charles III.

Ini berarti, potret baru Charles akan dipesan. Mata uang baru senilai jutaan pound akan dicetak oleh Royal Mint dan didistribusikan ke seluruh UK.

Proses ini kemungkinan akan dilakukan bertahap. Dengan demikian, mata uang yang menampilkan mendiang ratu mungkin masih beredar berbulan-bulan dan bertahun-tahun setelah kematiannya.

Perlu diketahui, bukan hanya uang UK yang terpengaruh pasca Ratu Elizabeth II meninggal. Menurut Guinness World Records, fitur gambar Ratu Elizabeth II tergambar pada 35 mata uang negara di seluruh dunia.

Negara-negara tersebut termasuk Kanada, Jamaika, Selandia Baru, Fiji dan Siprus, di mana ia muncul di beberapa uang kertas dan koin karena posisinya sebagai kepala Persemakmuran.

Oleh karena itu, kemungkinan mereka juga harus mengalami perubahan pada uang kertas dan koin mereka. Namun semua itu tergantung pada yurisdiksi dari masing-masing negara.

Sebelumnya, Royal Mint menjelaskan, sejak Ratu Elizabeth II memerintah pada tahun 1952, potretnya telah terpasang dan mengalami pergantian sebanyak lima kali dalam mata uang Britania. Perubahan terbaru pada terjadi di koin UK pada tahun 2015.

Mirip dengan koin, untuk perangko baru juga akan mengalami pergantian menuju potret Charles secara perlahan-lahan. Meski demikian, perangko dengan potret Ratu Elizabeth II masih memenuhi syarat untuk digunakan.



Simak Video "Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia, Pangeran Charles Jadi Raja Inggris"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT