Ada Ini, UMKM di Daerah Makin Gampang Dapat Akses Kredit

ADVERTISEMENT

Ada Ini, UMKM di Daerah Makin Gampang Dapat Akses Kredit

Tim detikcom - detikFinance
Sabtu, 10 Sep 2022 10:21 WIB
Rumah BUMN Pekalongan menjadi Pusat Batik Nusantara dalam hal pengembangan UMKM disekitarnya. Seperti apa hasilnya? Intip yuks…
Foto: Rac_punyaFOTO
Jakarta -

Koperasi Konsumen Hartanah Makmur Sentosa (Koperasi Hartanah) resmi membuka kantor perwakilan baru di Kabupaten Tangerang, Banten, tepatnya di Unity Building Lantai 6/A 1, Jalan Gading Serpong Boulevard No M5/21, Curug Sangereng, Kelapa Dua, Tangerang, Banten, Jumat (9/9/2022) pagi.

Pembukaan kantor perwakilan baru ini dihadiri Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Tangerang Dra Hj Nurul Hayati, MSi, tokoh pengusaha wanita Dr Hj Dewi Motik Pramono, MSi, Ketua Yayasan CEO Indonesia Trisya Suherman, dan Plt Kepala Seksi Koperasi dan UKM Kota Administrasi Jakarta Barat Ika Adhis, RBM, SE, MM.

Sementara dari Koperasi Hartanah sendiri hadir Ketua Koperasi Hartanah Johny Gunawan, Sekretaris Koperasi Desvalia Dwi S, Bendahara Liang Irwan, dan Pengawas Johanes Abraham.

Pembukaan kantor perwakilan ini diwarnai juga dengan bazar UMKM. Selain itu dilakukan peresmian logo baru Koperasi Hartanah, serta info mengenai Hartanah Mart yang menyediakan kebutuhan anggota dan nonanggota.

Ketua Koperasi Hartanah Johny Gunawan menjelaskan, pihaknya memilih Tangerang sebagai tempat kantor perwakilan karena melihat perkembangan dan pembangunan infrastruktur di daerah ini sangat berkembang dengan pesat, dengan tingkat populasi dari tahun ke tahun yang terus bertambah. Dengan makin bertambahnya populasi ini secara otomatis akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi untuk wilayah Tangerang dan sekitarnya ini, dimana pasti akan banyak bermunculan UMKM-UMKM baru yang sangat potensial untuk dapat tumbuh dan berkembang.

"Koperasi kami hadir untuk siap membantu dan mensupport tumbuh kembang UMKM ini agar dapat maju bersama koperasi. Selain daripada itu juga mengapa kami memilih Tangerang sebagai lokasi kantor kami karena cukup banyak anggota koperasi kami yang memang berdomisili di wilayah Tangerang ini. Sehingga agar dapat meningkatkan pelayanan kami kepada setiap anggota kami, maka kami membuka kantor perwakilan pertama kami di wilayah Tangerang ini," ucap Johny Gunawan.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Tangerang Dra Hj Nurul Hayati, MSi beraharap Koperasi Hartanah membawa berkah dan harapan bagi anggota koperasi, khususnya bagi UMKM di Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, dan para UMKM di kecamatan ini bisa jadi binaan Koperasi Hartanah.

"Koperasi sebagai sokoguru perekonomian bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat serta turut membantu tatanan perekonomian nasional. Anggota koperasi menjadi prioritas pertama untuk disejahterakan kemudian masyarakat sekitar, sebab anggota koperasi adalah masyarakat. Koperasi Hartanah merupakan koperasi konsumen sehingga kami berharap bahwa dengan adanya kantor pelayanan perdana di Kabupaten Tangerang ini dapat memberikan layanan dalam hal usaha dalam memenuhi kebutuhan anggotanya," katanya.

Pengusaha wanita Dr Hj Dewi Motik Pramono, MSi menyatakan koperasi adalah jawaban untuk memperbaiki ekonomi rakyat kecil. Kekuatan koperasi ini jangan dianggap remeh, sebab di negara lain seperti di Eropa koperasinya sangat maju. "Saya kebetulan keliling di Eropa yang punya kapal terbang itu koperasi lho, yang punya hotel koperasi lho," katanya.

Dia berharap Koperasi Hartanah bisa berkembang ke depan, dan menguntungkan anggotanya. "Harus saling mengingatkan, saling mengisi. Keinginan, motivasi pemimpin sangat mempengaruhi seluruh anggota koperasi. Kalau sudah waktunya RAT dilakukan terbuka, semua anggota punya hak suara. Insya Allah masa depan akan menjadi milik Anda," sambung Dewi Motik.

Koperasi Konsumen Hartanah Makmur Sentosa berdiri tahun 2020 yang terbentuk atas kepedulian Johny Gunawan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia melalui perbaikan pola kehidupan dan taraf ekonomi anggotanya dengan landasan asas tolong menolong. Koperasi ini menawarkan simpanan dengan keuntungan pasti yang membantu anggota untuk mendapatkan penghasilan tetap dengan konsep Koperasi Hybrid.

"Kami berkomitmen untuk memberikan dampak positif yang akan mendorong cara anggota dalam mempersiapkan masa depan yang sejahtera melalui berbagai produk. Demi menjaga rasa aman para anggota, laporan keuangan kami diperiksa oleh Auditor Akuntan Publik ternama dan terpercaya setiap tahunnya."

Koperasi Hartanah memiliki izin yang resmi, sesuai dengan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor : AHU-0005890.AH.01.26.Tahun 2020. Untuk mewujudkan Koperasi Go Digital sesuai dengan arahan Kementerian Koperasi dan UKM RI, Koperasi Hartanah telah memiliki Aplikasi Koperasi Hartanah dengan produk-produk yang dimiliki, dan diyakini dapat menjawab semua kebutuhan anggota demi mewujudkan kehidupan yang lebih sejahtera.

Koperasi ini memiliki visi menjadi koperasi yang mendukung secara aktif dan kreatif guna memajukan perekonomian nasional, dengan misi menjadi pengusaha start-up dan usaha kecil menengah dalam hal pinjaman modal, membantu memaksimalkan tabungan dan dana cadangan yang ada, serta menjalin kerjasama usaha dengan berbagai pihak baik nasional maupun internasional.

Terkait dengan adanya segelintir koperasi yang bermasalah beberapa waktu lalu, Johny Gunawan menyebut kejadian itu mendorong pihaknya untuk terus melakukan upaya mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap koperasi.

"Nama koperasi sempat tercoreng gara-gara koperasi bermasalah ini. Namun patut kita syukuri kalau kita lihat lebih luas masih sangat banyak koperasi yang bagus yang memang serius dan tulus dalam melayani anggotanya. Kami pun selalu bergandengan tangan dengan pemerintah dalam hal ini dinas maupun suku dinas koperasi di wilayah mana kami beroperasi, sehingga tingkat kepercayaan masyarakat terhadap koperasi terus meningkat," sambungnya.

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT