Jangan Kaget! Tarif Ojol Jadinya Baru Naik Hari Ini

ADVERTISEMENT

Jangan Kaget! Tarif Ojol Jadinya Baru Naik Hari Ini

Aulia Damayanti - detikFinance
Minggu, 11 Sep 2022 06:40 WIB
Pemerintah sudah resmi mengumumkan kenaikan tarif ojek online alias tarif ojol. Tarif baru ojol ini akan berlaku mulai 10 September atau Sabtu besok.
Ojek online/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah mengumumkan soal kenaikan tarif ojek online (ojol) pada Rabu lalu. Kebijakan itu semula disampaikan akan berlaku mulai 10 September. Namun baru akan berlaku pada hari ini 11 September 2022.

Hal ini disampaikan oleh Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati yang mengatakan kenaikan tarif ojol mulai berlaku tanggal 11 September pukul 00.00 WIB.

"Tanggal 11 (hari ini) jam 00.00 WIB atau nanti malam. Sesuai pengumuman, 3 hari setelah ketetapan," kepada detikcom, Sabtu (10/9) kemarin.

Sementara sebelumnya, dalam konferensi pers beberapa hari lalu jelas disampaikan bahwa kenaikan tarif ojol akan berlaku mulai 10 September 2022. Hal itu disampaikan langsung oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno, Rabu (7/9).

Awalnya, Hendro menjawab pertanyaan mulai kapan tarif ojek online akan berlaku dan keluarnya keputusan menteri.

Hendro pun menjawab untuk keputusan menteri terbit pada 7 September. Sementara masa berlakunya kenaikan tarif ojol, ia menyebutkan pada tanggal 10 September. Penegasan itu disampaikan beberapa kali.

"Untuk terbitnya (Keputusan Menteri) per tanggal sekarang 7 September, jadi 7 September ditambah 3 hari tanggal 10. 10... 11 (pukul) 00.00....10 (pukul) 00.00 itu sudah berlaku tarif baru. Jadi tiga hari setelah keputusan ini diumumkan," katanya dalam konferensi pers, Rabu (7/9) lalu.

Kemudian, untuk aplikator seperti halnya Grab mengatakan, akan menerapkan tarif ojek online baru pada platform sesuai dengan waktu yang ditetapkan oleh pemerintah.

"Dalam Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 667 Tahun 2022 tentang Pedoman Perhitungan Biaya Jasa Penggunaan Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat yang Dilakukan dengan Aplikasi," terang Director of Central Public Affairs, Grab Indonesia, Tirza Munusamy.

Untuk diketahui, kenaikan tarif ojol dilakukan seiring dengan naiknya harga bahan bakar minyak (BBM).

Rincian Kenaikan Tarif Baru Ojol ada di halaman berikutnya

Saksikan juga Sosok minggu ini: Teroris Hijrah

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT