ADVERTISEMENT

Siasat Pelaku Usaha Biar Produknya Makin Laris Manis, Sudah Tahu Caranya?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Senin, 12 Sep 2022 18:12 WIB
Businessman shaking female hand above the table. Business agreement and partnership concept. Partners closing a deal, view over the shoulder. Formal greeting gesture, effective negotiations
Ilustrasi/Foto: Thinkstock
Jakarta -

Iklan kini menjadi salah satu sarana promosi sebuah produk atau perusahaan. Oleh karena itu pebisnis perlu memiliki kreativitas tinggi dan menciptakan ekosistem agar brand bisa terjangkau oleh target konsumen.

Pimpinan Jaris & K Komarudin Fuad mengungkapkan jika perusahaan harus memiliki integrasi platform dengan mengkombinasikan media luar ruang dengan digital yang bisa diamplifikasi dengan big data.

Konten harus dibuat kreatif dan menarik untuk memberikan engagement kepada target pasar, misalnya melalui digital yang bisa memberikan dampak luar biasa pada brand awareness dan imagery brand.

Dia menyebutkan, target yang dijangkau oleh viral effect ini terjaring dari integrasi media luar ruang, kreatif dan digital. Konten kreatif yang dibuat harus memiliki value yang dapat diperbincangkan khalayak ramai.

"Di sini dapat menggunakan out of home media atau media luar ruang seperti digital billboard, videotron, vehicle advertising, pedestrian hingga ritel," jelas dia, Senin (12/9/2022).

Efektifitas Out of Home (OOH) dalam menyampaikan suatu konten masih sangat relevan hingga saat ini karena media luar ruang dipasang di lokasi-lokasi strategis yang dapat menjangkau orang lebih banyak. Tinggal bagaimana pengemasannya agar iklan tersebut menjadi viral.

OOH dan media sosial bisa saling berintegrasi dalam mencapai awareness dan imagery. OOH bisa digunakan untuk memperkuat sebuah gerakan di media sosial, begitu pula sebaliknya. OOH menjadi media yang baik untuk menjembatani dunia nyata dan dunia maya. Kombinasi antara keduanya dapat menjaring orang yang lebih besar lagi.

Jaris & K dalam mengimplementasikan integrasi melalui digital dengan menggabungkan ide-ide kreatif, insight-insight industri, dan data-data yang sudah diolah, sehingga sehingga terciptalah sebuah konsep yang dapat dioptimalisasi, diamplifikasi, dan terukur sesuai dengan kebutuhan yang didukung oleh berbagai macam elemen digital, seperti influencer, lifestyle media community, dan sebagainya.

Perusahaan yang juga didirikan oleh Hendy Drajat dan Bachrein F. Kaliwuge itu sengaja menggandeng influencer sebagai partner untuk menggiring opini publik, baik secara daring maupun luring. Seperti yang kita ketahui, impact yang diberikan oleh para influencer ini sangatlah besar.

"Para influencer tersebut memiliki pengikut secara daring dan luring yang dapat membentuk sebuah opini publik yang kuat apabila dikemas dengan aktivitas dan konsep yang kreatif tanpa mengurangi ciri khas dari para tokoh influencer tersebut yang berefek untuk meningkatkan visibilitas brand," jelas Komarudin.

Ketika konten dikemas secara kreatif dan meninggalkan kesan baik kemudian ditarik ke media sosial sehingga menjadi viral, di situlah letak kemampuan OOH mengubah pemasaran di dunia nyata menjadi sensasi di media sosial.

(kil/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT