JIS Dinilai PSSI Tak Layak, Biaya Proyeknya Berapa Triliun?

ADVERTISEMENT

JIS Dinilai PSSI Tak Layak, Biaya Proyeknya Berapa Triliun?

Tim Detikcom - detikFinance
Selasa, 13 Sep 2022 11:50 WIB
PT Jakarta Propertindo (JakPro) mengungkap progres pembangunan Jakarta International Stadium (JIS). Pembangunan stadion tersebut telah mencapai 98%.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Jakarta International Stadium (JIS) menjadi buah bibir belakangan ini. Musababnya, adalah karena JIS dinilai PSSI tak layak untuk laga FIFA Matchday Timnas Indonesia VS Curacao pada 27 September nanti.

Menarik untuk menyimak, berapa biaya pembangunan JIS yang jadi stadion kebanggaan warga Jakarta ini?

Dari catatan detikcom, JIS dicanangkan pembangunannya sejak zaman Gubernur Fauzi Bowo. Proyek kemudian maju mundur di era Gubernur Joko Widodo dan Gubernur Basuki T Purnama.

Proyek kemudian dilanjutkan pada 2019 oleh Gubernur Anies Baswedan yang kemudian diresmikan pada Juli 2022.

Pembangunan stadion JIS dilaporkan menelan biaya hingga Rp 5 triliun. JIS berkapasitas 82.000 penonton dan bertipe stadion sepakbola modern. Stadion ini tak akan memiliki lintasan atletik.

Stadion yang terletak di bilangan Jakarta Utara ini bakal memiliki tribun tiga tingkat yaitu lower tribun, middle tribun dan upper tribun.

PT Jakarta Propertindo (JakPro) mengungkap biaya perawatan dan operasional Jakarta International Stadium (JIS) mencapai Rp 60 miliar per tahun. Direktur Utama PT JakPro Widi Amanasto menjelaskan rincian kebutuhan pemeliharaan operasional JIS tersebut.

"Per tahunnya sekitar Rp 50-an (miliar), Rp 60-50 (miliar) itu adalah biaya seperti pemeliharaan, operasional house keeping, security, mechanical, electrical," kata Widi dalam rapat dengan Komisi E DPRD DKI Jakarta, Selasa (28/6).

Simak video 'Heboh PSSI Sebut JIS Tak Layak, Jakpro Ungkap 10 Poin Standar FIFA':

[Gambas:Video 20detik]



(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT