ADVERTISEMENT

Tokopedia Dinobatkan Jadi Tempat Kerja Terbaik di Asia-Pasifik!

Inkana Izatifiqa R Putri - detikFinance
Kamis, 15 Sep 2022 09:11 WIB
Gedung Tokopedia
Foto: Dok. Tokopedia
Jakarta -

Tokopedia meraih penghargaan tahunan Best Places to Work Asia-Pacific 2022 dari PRWeek Asia dan Campaign Asia-Pacific dalam kategori 'Best Employee Support'. Adapun kategori ini diberikan untuk organisasi atau perusahaan yang telah menawarkan dukungan bagi karyawan selama krisis kesehatan global.

Penghargaan ini digelar untuk membantu perusahaan dalam mengembangkan lingkungan kerja terbaik bagi karyawannya serta sebagai inspirasi untuk menunjukkan tempat kerja dan inisiatif yang baik.

"Tokopedia memiliki tujuan untuk menjadi 'the most admired technology company' atau 'perusahaan teknologi yang paling dikagumi' bagi para pekerja dan calon pekerja di Indonesia. Melalui penghargaan ini, Tokopedia menjadi lebih dekat untuk memenuhi misi ini," ujar VP of People and Culture Tokopedia Nanang Chalid dalam keterangan tertulis, Kamis (15/9/2022).

Nanang menjelaskan Tokopedia menjadi perusahaan satu-satunya di Indonesia yang berhasil menang dalam penghargaan ini. Ia mengatakan capaian ini didukung dari berbagai inisiatif Tokopedia guna mendukung pengalaman bekerja karyawan pada masa pandemi.

Tokopedia, kata Nanang, memprioritaskan kesehatan dan wellbeing Nakama (karyawan Tokopedia) melalui berbagai inisiatif. Salah satunya seperti Nakama Wellbeing Ecosystem yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja.

"Saat ini, kami memiliki 6 pilar kesehatan; Mental Wellness (Kesehatan Mental), Physical Wellness (Kesehatan Fisik), Emotional Wellness (Kesehatan Emosional), Social Wellness (Kesehatan Sosial), Purpose Wellness (Kesehatan Tujuan), dan Financial Wellness (Kesehatan Finansial). Karyawan dapat berkonsultasi dengan psikolog untuk membantu meningkatkan motivasi, sekaligus menjaga kesehatan - baik fisik maupun mental - di tengah pandemi," paparnya.

Tokopedia juga menciptakan program Work Fun Home, yakni program yang mendorong karyawan untuk dapat memiliki pengalaman kerja yang lebih menyenangkan dan produktif dari rumah melalui serangkaian kegiatan virtual. Program ini diadakan secara rutin seperti Nakama Got Talent, Nakama Smart Carefully, Positive Talks, Well-being Talks, Nakama eSport Competition.

Di samping itu, Tokopedia juga telah menyediakan fasilitas video call dengan dokter perusahaan, jika Nakama dan keluarganya membutuhkan konsultasi medis, serta edukasi terkait COVID-19.

"Di Tokopedia, kami juga menyediakan regulasi bagi orang tua yang bekerja untuk fokus pada tanggung jawab penting, menjadi orang tua dan juga pekerjaan. Kebijakan ini meliputi: cuti hamil, kebijakan masa transisi menjadi seorang ibu (waktu kerja hanya 20 jam/minggu selama 2 minggu berturut-turut), dan cuti 10 hari untuk Nakama yang baru saja menjadi ayah (paternity leave)," lanjutnya.

Guna menjaga kesehatan Nakama selama pandemi, Tokopedia juga mengeluarkan regulasi untuk karyawan, yaitu 100% Regulasi Work From Home (WFH) agar semua karyawan bekerja dari rumah dan tetap aman. Ada pula Tokopedia Relief & Response Team yang tersedia 24 jam selama 7 hari/minggu.

Kemudian menyediakan Isolation Kit, Meal Support dan Fasilitas Isolasi Mandiri (Self Isolation). Adapun layanan ini ditujukan untuk para Nakama dan keluarganya yang terinfeksi COVID-19.

"Tokopedia menyadari bahwa fasilitas isolasi mandiri juga menjadi faktor penting untuk proses pemulihan dan sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran di klaster keluarga. Bagi yang terinfeksi gejala ringan COVID-19, bersama GoTo, Tokopedia menyediakan fasilitas isolasi mandiri di hotel bintang 5 di Jakarta," paparnya.

Nanang menambahkan Tokopedia juga menghadirkan program Plasma Donor hingga Program Vaksinasi COVID-19. Dalam hal ini, Tokopedia memberikan 3 kali program vaksinasi mulai Juni 2021 hingga sekarang untuk Nakama dan keluarga.

Ada pula NakaHeroes, sebuah komunitas yang membantu proses untuk COVID-19, mulai dari memelihara hotline, memberikan bantuan logistik (isolation kit, oksigen, hotel).

"Mereka juga berperan sebagai 'Case Manager' bagi Nakama yang membutuhkan pemantauan intensif secara langsung, mencari rumah sakit, donor plasma, hingga menjalankan program vaksinasi," pungkasnya.



Simak Video "Dilayani Tokopedia Dongkrak Omzet UMKM Lokal"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ang)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT