5 Berlian Termahal di Dunia, Harganya Tak Ternilai

ADVERTISEMENT

5 Berlian Termahal di Dunia, Harganya Tak Ternilai

Almadinah Putri Brilian - detikFinance
Jumat, 16 Sep 2022 19:35 WIB
A 228.31 carat white diamond called The Rock that could fetch 30 million US dollars and is the largest ever seen throughout auction market history is pictured during a preview at Christies before their auction sale in Geneva, Switzerland, May 6, 2022.  REUTERS/Denis Balibouse
Ilustrasi Berlian/Foto: REUTERS/Denis Balibouse
Jakarta -

Berlian termahal di dunia memiliki harga yang sangat fantastis. Bahkan ada yang tak ternilai harganya. Berlian merupakan salah satu batu permata mewah yang memiliki nilai tinggi.

Batu berharga ini banyak digunakan sebagai perhiasan, seperti cincin, kalung, anting, dan sebagainya. Dalam industri perhiasan sendiri, harga berlian bisa dianggap sebagai yang termahal.

Lalu, berapa harga berlian paling mahal di dunia? Dilansir dari berbagai sumber, berikut merupakan 5 berlian termahal di dunia.

1. The Kohinoor

Kohinoor atau biasa disebut dengan "Mountain of Light" merupakan berlian paling mahal di dunia. Berlian Kohinoor bahkan tak ternilai harganya karena keunikannya. Berlian ini memiliki bentuk oval dengan berat 105,6 karat.

Diperkirakan berlian ini berasal dari India, batu permatanya merupakan bagian dari Tahta Merak Mughal. Kemudian, berlian ini secara kontroversial dipindahkan ke Ratu Victoria ketika Inggris mencaplok Punjab.

Sejak abad ke-19, berlian itu tetap menjadi milik keluarga kerajaan Inggris. Kohinoor ditempatkan di bagian depan mahkota yang dikenakan oleh Ratu Elizabeth, Ibu Suri - ibu Ratu Elizabeth II. Kohinoor terakhir terlihat di depan umum pada tahun 2002 ketika mahkota ditempatkan di atas peti mati Ibu Suri.

2. The Cullinan

Berlian Cullinan awalnya memiliki berat 3,106 karat, menjadikannya berlian kasar terbesar di dunia. Berlian ini ditemukan di Afrika Selatan pada tahun 1905 oleh Thomas Cullinan. Jika berlian Cullinan ditemukan hari ini, harganya diperkirakan sebesar US$ 400 juta.

Terdapat 9 potongan besar berlian dengan total sekitar 1,055 karat di samping potongan kecil lainnya. Potongan terbesar dikenal sebagai Cullinan I dan beratnya 530,20 karat, menjadikannya berlian potong terbesar di dunia. Cullinan I dimiliki oleh Ratu Elizabeth II.

3. The Hope Diamond

Berlian Hope ditemukan sekitar tahun 1600 di India. Berlian ini memiliki berat 45 karat.

Setelah dibeli oleh Raja Louis XIV, berlian ini dicuri pada tahun 1792 dan muncul lagi di London tahun 1812. Setelah berkali-kali berpindah tangan, berlian ini akhirnya berada di Smithsonian Institution pada tahun 1958 hingga saat ini. Diperkirakan harga berlian ini mencapai US$ 200-350 juta.

4. De Beers Centenary

Berlian De Beers Centenary merupakan berlian terbesar ketiga yang pernah ditemukan di Tambang Premier, Afrika Selatan. Meskipun berlian ini ditemukan pada tahun 1986, namun keberadaannya baru diumumkan 2 tahun kemudian.

Awalnya berlian ini memiliki berat 599 karat yang kemudian dipotong menjadi permata berbentuk hati seberat 273,85 karat dengan 247 sisi yang sejajar sempurna. Meskipun harga pembelian dan pemilik berlian tidak diketahui, berlian ini diasuransikan oleh De Beers dengan harga lebih dari US$ 100 juta.

5. The Pink Star

Berlian Pink Star ditemukan di Afrika Selatan oleh De Beers pada tahun 1999. Berlian ini memiliki bentuk oval dengan berat 132,5 karat saat itu. Selanjutnya berlian ini dibeli oleh Steinmetz Group dan memotong berlian tersebut menjadi 59,6 karat selama lebih dari 2 tahun.

Berlian ini pertama kali diperlihatkan di Monaco tahun 2003. Pada saat itu, nama berlian ini adalah berlian Steinmetz Pink. Lalu pada April 2017, berlian ini dijual seharga US$ 71,2 juta di pelelangan kepada perusahaan Chow Tai Fook di Hongkong. Lalu nama berlian ini diganti menjadi CTF Pink Star untuk mengenang ayah mendiang ketua Chow Tai Fook.

Demikian informasi mengenai 5 berlian termahal di dunia.

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT