Hati-hati! Beredar Formulir Penerima BLT Subsidi Gaji, Itu Hoax

ADVERTISEMENT

Hati-hati! Beredar Formulir Penerima BLT Subsidi Gaji, Itu Hoax

Ilyas Fadilah - detikFinance
Sabtu, 17 Sep 2022 18:46 WIB
Cek BLT BPJS Ketenagakerjaan, Ini Caranya!
Ilustrasi BLT subsidi gajiFoto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mengingatkan jangan percaya permintaan pengisian formulir Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau BLT subsidi gaji. Kemnaker memastikan informasi permintaan pengisian data penerima BSU hoax

"Form yang beredar yang isinya meminta untuk mengisi data penerima BSU yang mengatasnamakan Kementerian Ketenagakerjaan itu hoaks," kata Kepala Biro Humas, Chairul Fadhly Harahap dalam keterangan tertulis, dikutip Sabtu (17/9/2022).

Chairul menegaskan, data calon penerima BSU hanya berasal dari BPJS Ketenagakerjaan dan dikirimkan ke Kemnaker secara sistem, serta tidak ada permintaan data kepada masyarakat.

Lebih lanjut, ia mengingatkan, informasi resmi mengenai BSU hanya melalui situs kemnaker.go.id dan akun media sosial resmi Kemnaker.

"Jadi teman-teman dimohon untuk cek langsung ke situs Kemnaker dan akun medsos resmi Kemnaker, dan jangan ngecek ke yang lain yang belum tentu kebenarannya," ucapnya.

Sebagai informasi, Untuk mengetahui apakah kamu terdaftar sebagai penerima BLT atau tidak, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan. Berikut lima langkah cara cek penerima BLT subsidi gaji Rp 600.000 yang dikutip dari instagram @kemnaker, Sabtu (17/9/2022).

Pertama, kunjungi website Kemnaker di www.kemnaker.go.id. Kedua, melakukan pendaftaran akun bagi yang belum memiliki akun.

"Apabila belum memiliki akun, maka Rekanaker harus melakukan pendaftaran. Lengkapi pendaftaran akun. Aktivasi akun dengan menggunakan kode OTP yang akan dikirimkan ke nomor handphone Rekanaker," seperti dikutip dari Instagram @Kemnaker.

Ketiga, masuk ke akun SIAPkerja jika sudah memiliki akun. Keempat, lengkapi biodata sesuai dengan formulir yang disediakan.

Kelima, tinggal periksa notifikasi di website tersebut. Tampilan notifikasi terbagi ke dalam tiga bagian:

Tahap 1 - Calon. Pendaftar akan mendapat notifikasi apabila telah terdaftar sebagai calon penerima bantuan subsidi upah sesuai dengan tahapan penyerahan data calon penerima dari BPJS Ketenagakerjaan kepada Kementerian Ketenagakerjaan.

Tahap 2 - Penetapan. Tampilan ini menentukan apakah kamu lolos sebagai penerima BSU atau tidak. "Rekanaker akan mendapat notifikasi apabila telah ditetapkan sebagai penerima bantuan subsidi upah (BSU)," tulisnya.

Tahap 3 - Penyaluran. Kamu akan mendapatkan notifikasi apabila dana bantuan subsidi upah tersalurkan ke rekening bank Himbara (Mandiri, BRI, BNI, BTN) atau Bank Syariah Indonesia (Khusus untuk yang bekerja di wilayah Aceh).

Sedangkan penyaluran melalui PT. Pos Indonesia akan disampaikan melalui surat pemberitahuan kepada penerima sebagai dasar pencairan dana BLT.

(hns/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT