Cara Daftar Dapat BLT BBM Rp 600 Ribu untuk Pekerja dan Warga Miskin, Modal HP

ADVERTISEMENT

Cara Daftar Dapat BLT BBM Rp 600 Ribu untuk Pekerja dan Warga Miskin, Modal HP

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Senin, 19 Sep 2022 07:15 WIB
Ilustrasi THR Lebaran 2022
Cara Daftar Dapat BLT BBM Rp 600 Ribu untuk Pekerja dan Warga Miskin
Jakarta -

BLT atau bantuan langsung tunai yang diberikan pemerintah sudah mulai cair. Ada dua BLT yang diberikan pemerintah, yakni BLT program Bantuan Subsidi Upah (BSU) untuk pekerja tertentu dari Kemnaker dan BLT untuk warga kurang mampu dari Kemensos. Kedua BLT ini diberikan dalam rangka kenaikan harga BBM. Namanya BLT BBM.

BLT BBM untuk Pekerja

BLT BBM sebesar Rp 600 ribu ini diberikan kepada orang-orang yang memenuhi persyaratan untuk menerimanya. BLT BBM ini diberikan kepada sebanyak 16 juta pekerja di Indonesia. Apakah Anda termasuk salah satu penerima BLT BBM Rp 600 ribu? Bagaimana cara cek penerima BLT BBM Rp 600 ribu?

Dalam Rakor TPID yang disiarkan oleh akun Youtube Kemendagri RI pada Senin (5/9/2022) lalu, Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara membeberkan data total anggaran untuk BSU atau BLT subsidi gaji terkait BBM ini adalah Rp 9,6 triliun.

Namun, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menjelaskan bahwa tidak semua pekerja bergaji Rp 3,5 juta atau sebesar UMP/UMKM bisa mendapatkan BSU atau BLT subsidi gaji.

Mereka yang dikecualikan mendapat BLT BBM ialah yang telah menerima PKH (Program Keluarga Harapan), BPUM (Bantuan Produktif Usaha Mikro), Kartu Prakerja, ASN dan anggota TNI-Polri. Oleh karena itu setelah mengurangi para pekerja yang tidak masuk persyaratan penerima BSU atau BLT subsidi gaji tersebut, jumlah penerimanya menjadi berkurang.

"Jumlah penerima eligible sebelum kami padankan itu memang 16 juta orang. Setelah kami padankan ada penerima bansos, PKH, BPUM dan Kartu Prakerja itu sebesar 1,1 juta orang, ASN ada 22 ribu orang, jadi totalnya jumlah penerima BSU (atau BLT subsidi gaji) itu 14.639.675 orang," tuturnya.

Lalu, apa saja syarat hingga tahapan penerima BLT BBM Rp 600 ribu untuk pekerja?

Syarat Penerima BLT BBM Rp 600 Ribu Tahun 2022

Beberapa syarat penerima BLT BBM Rp 600 ribu

1. Warga Negara Indonesia (WNI)
2. Peserta aktif program jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan sampai dengan Juli 2022
3. Gaji/upah paling banyak Rp 3,5 juta. Pekerja/buruh yang bekerja di wilayah dengan UMP/UMK lebih besar dari Rp 3,5 juta, maka persyaratan gaji menjadi paling banyak sebesar UMP/UMK dibulatkan ke atas hingga ratusan ribu penuh
4. Bukan PNS, TNI dan Polri
5. Belum menerima program kartu prakerja, program keluarga harapan (PKH) dan bantuan produktif untuk usaha mikro (BPUM)

Cara cek calon penerima BLT BBM Rp 600 ribu 2022

1. Kunjungi situs kemnaker.go.id
2. Daftar akun. Apabila belum memiliki akun, maka Anda harus melakukan pendaftaran. Lengkapi pendaftaran akun. Aktivasi akun dengan menggunakan kode OTP yang akan dikirimkan ke nomor handphone Anda.
3. Login ke dalam akun Anda
4. Lengkapi profil Anda seperti foto profil, tentang Anda, status pernikahan, dan tipe lokasi
5. Cek notifikasi

Tahapan Pencairan BLT BBM Rp 600 Ribu

Apabila Anda sudah memenuhi persyaratan, terdapat 3 tahapan sampai Anda dapat menerima BSU yaitu:

1. Tahap 1 - Calon Penerima BLT

Setelah Anda mendaftarkan akun Anda, apabila Anda terdaftar sebagai calon penerima BSU atau BLT subsidi gaji maka Anda akan mendapatkan notifikasi telah terdaftar sebagai calon penerima BSU atau BLT subsidi gaji, namun apabila Anda tidak terdaftar maka Anda akan mendapat notifikasi tidak terdaftar sebagai calon penerima BSU atau BLT subsidi gaji.

2. Tahap 2 - Penetapan BLT

Setelah Anda terdaftar sebagai penerima BSU atau BLT subsidi gaji, nantinya Anda akan mendapatkan notifikasi "Ditetapkan" apabila telah ditetapkan sebagai penerima BSU.

3. Tahap 3 - Penyaluran BLT

Setelah Anda ditetapkan sebagai penerima BSU atau BLT subsidi gaji, Anda akan mendapatkan notifikasi apabila dana BSU telah tersalurkan ke rekening Bank Himbara (Mandiri, BRI, BNI, BTN) atau Bank Syariah Indonesia (khusus untuk Anda yang bekerja di wilayah Aceh). Penyaluran melalui PT. Pos Indonesia akan disampaikan melalui surat pemberitahuan kepada penerima BSU sebagai dasar pencairan dana BSU.

Sebagai catatan, jika Anda memenuhi syarat penerima BSU 2022 atau BLT subsidi gaji tetapi tidak terdaftar, segera hubungi contact center BPJS Ketenagakerjaan di website bpjsketenagakerjaan.go.id, telepon di nomor 175 atau WhatsApp di nomor +6281380070175.

Demikian informasi mengenai syarat hingga tahap penerimaan BLT BBM Rp 600 ribu untuk pekerja tertentu.

BLT BBM Rp 600 ribu untuk warga miskin di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT