ADVERTISEMENT

Mau Buka Franchise Burger King? Ini Cara dan Modal yang Dibutuhkan

Almadinah Putri Brilian - detikFinance
Selasa, 20 Sep 2022 14:18 WIB
Burger King
Burger King/Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Burger King merupakan salah satu restoran burger yang terkenal di Indonesia. Burger King pertama kali muncul di Indonesia yaitu pada tahun 2007 yang mana toko pertamanya buka di Jakarta. Hingga kini, terdapat lebih 170 restoran Burger King di Indonesia.

Tingginya popularitas Burger King menjadikan para pebisnis tertarik untuk membuka franchise dari restoran ini. Ditambah, banyaknya gerai yang dibuka membuktikan bahwa Burger King banyak diminati masyarakat Indonesia.

Dilansir dari situs resmi international-franchising.bk.com dan franchising.bk.com, Selasa (20/9/2022), berikut merupakan informasi terkait syarat hingga alur untuk membuka franchise Burger King.

Syarat Membuka Franchise Burger King

Pihak manajemen menerapkan beberapa kualifikasi yang cukup ketat untuk membuka franchise Burger King. Berikut merupakan syaratnya.

1. Komitmen

Calon mitra mencari peluang investasi aktif dengan merek dagang yang sedang berkembang. Selain itu, calon mitra harus memiliki visi yang ambisius untuk mengembangkan brand dalam tempo cepat.

2. Pengalaman

Calon mitra memiliki pengalaman dalam industri QSR (Quick-Service Restaurant), namun memiliki pengalaman dalam bidang retail, hospitality, atau real estate juga membantu.

3. Finansial

Operator lokal yang didanai bersedia melakukan investasi awal yang diperlukan untuk mengembangkan bisnis sesuai dengan target market. Dana minimal untuk membuka franchise Burger King di luar Amerika Serikat sebenarnya bervariasi tergantung pasarnya. Namun, pihak manajemen Burger King mencari investor dengan likuiditas yang tersedia untuk membuat ekuitas (tunai) untuk meluncurkan dan mendanai bisnis di target market masing-masing.

Apabila ingin membuka franchise di Amerika Serikat maka diperlukan dana minimal sebesar US$ 500.000 yang tercatat dalam aset likuid dan total kekayaan bersih setidaknya US$ 1.000.000.

Sebagai informasi tambahan, jika calon mitra membuka franchise Burger King di Amerika Serikat harus membayar sebesar US$ 50.000 untuk perjanjian franchise dengan jangka waktu 20 tahun. Calon mitra juga membayar Entitas Baru/Biaya Aplikasi awal sebesar US$ 5.000 untuk membantu biaya pemrosesan aplikasi.

Ada juga biaya pemeriksaan latar belakang US$ 280, serta berbagai biaya aplikasi untuk Managing Owner/Direktur Pelaksana, dan persyaratan aplikasi/administrasi lainnya. Biaya ini tidak termasuk biaya awal yang biasanya terkait dengan memulai sebuah restoran. Selain itu, calon mitra juga harus membayar biaya royalti sebesar 4,5% dari penjualan per restoran ke Burger King.

Alur Membuka Franchise Burger King

1. Daftar secara online di international-franchising.bk.com untuk membuka franchise di luar Amerika Serikat atau franchising.bk.com untuk buka franchise di Amerika Serikat. Lalu klik "Apply Now" dan isi data yang diperlukan dengan benar.

2. Tim Franchise Burger King nantinya akan meninjau permohonan dari calon mitra. Tim Burger King nantinya akan melakukan pertemuan awal atau menghubungi calon mitra untuk membicarakan latar belakang dan pandangannya terhadap target market.

3. Lalu mendiskusikan peluang investasi dengan tim Global Development Burger King serta melakukan pemeriksaan latar belakang.

Jika calon mitra ingin membuka franchise di Amerika Serikat, pada tahap ketiga ini calon mitra akan diundang kantor pusat Burger King di Miami dengan para pemimpin.

4. Bertemu dengan senior leadership Burger King untuk mempelajari lebih lanjut dan berpartisipasi dalam mengunjungi restoran dan mencicipi produk.

Jika calon mitra membuka franchise di Amerika Serikat, pada tahap keempat ini calon mitra akan bekerja sama dengan tim franchise Burger King untuk mencari cara terbaik untuk mengatur berjalannya organisasi.

5. Terakhir, dokumen akhir telah ditandatangani, semua peraturan selesai, dan proses dimulai untuk meluncurkan gerai Burger King di wilayah tersebut.

Jika calon mitra membuka franchise di Amerika Serikat, pada tahap terakhir ini setelah mendapatkan persetjuan pimpinan maka tim franchise akan membantu calon mitra menemukan berbagai peluang untuk mendirikan Burger King.

Demikian informasi cara membuka franchise Burger King.

Simak juga Video: Pilih Franchise Autopilot atau Reguler?

[Gambas:Video 20detik]




(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT