ADVERTISEMENT

Tolak Miskin

Podcast: Membedah Kecanggihan 'Komodo' Kereta Cepat JKT-BDG

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Rabu, 21 Sep 2022 08:15 WIB
Podcast: Bedah Kecanggihan ‘Komodo’ Kereta Cepat JKT-BDG
Foto: Tim Infografis/Fauzan Kamil
Jakarta -

Kereta cepat Jakarta-Bandung ditargetkan beroperasi pada Juni 2023. Saat ini, progres pembangunannya sudah mendekati 90%.

Capaian terbaru proyek yang sudah dimulai sejak 2015 ini adalah kedatangan kereta atau EMU (electric multiple unit) 400AF beserta kereta inspeksinya. Kedatangan tahap pertama rangkaian EMU yang dinamakan Red Komodo ini menandai semakin dekatnya pengoperasian kereta cepat pertama di Asia Tenggara ini.

Kereta Cepat Jakarta-Bandung menggunakan kereta CR400AF yang merupakan hasil pengembangan tipe CRH380A oleh CRRC Qingdao Sifang. Tipe ini termasuk generasi terbaru yang dikembangkan CRRC.

Seperti apa kecanggihan kereta ini? Apa saja penyesuaian-penyesuaian dan fasilitas yang dibangun di dalam EMU KCIC400AF?

Bersama GM PMO PT KCIC, Wilman Sidjabat, semua akan dijawab lengkap bersama dengan timeline pengoperasian kereta cepat Jakarta-Bandung. Dengarkan obrolannya di episode terbaru podcast Tolak Miskin: Membedah Kecanggihan 'Komodo' Kereta Cepat JKT-BDG. Klik widget di bawah ini untuk mendengarkan atau temukan podcast Tolak Miskin di Spotify dan kanal siniar lainnya.

(eds/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT