Blusukan ke Pasar Badung Bali, Zulhas Borong Dagangan buat Emak-emak

ADVERTISEMENT

Blusukan ke Pasar Badung Bali, Zulhas Borong Dagangan buat Emak-emak

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 21 Sep 2022 08:21 WIB
Menteri Perdagangaan Zulkifli Hasan Blusukan ke Pasar Badung, Bali
Foto: Menteri Perdagangaan Zulkifli Hasan Blusukan ke Pasar Badung, Bali (Anisa Indraini/detikcom)
Badung -

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan alias Zulhas menyambangi Pasar Badung, Bali. Dalam kesempatan itu dia mengecek harga bahan-bahan pokok dan memborong belanjaan pedagang untuk dibagikan ke emak-emak.

Berdasarkan pantauan detikcom, Rabu (21/9/2022), Zulhas datang sekitar pukul 07.00 WITA. Dia memakai baju flanel berwarna biru dengan bawahan celana jeans dan sepatu sneakers.

Setibanya di lokasi, Zulhas pertama kali berbincang dengan pedagang bawang merah dan mengetahui bahwa harganya Rp 25.000/kg. Ketua Umum PAN itu langsung memborong bawang merah 6 kg untuk dibagikan ke emak-emak.

"Saya beli 6 kg, nanti ibu-ibu dikasih per 1 kg ya. (Dikasih Rp 200 ribu) kembaliannya nggak usah buat bonus," kata Zulhas ke pedagang bawang merah.

Kemudian Zulhas menghampiri pedagang daging kambing yang saat ini harganya tembus Rp 160.000/kg. Pedagang sempat mengeluhkan adanya kesulitan masuknya daging kambing ke Bali.

"Yaudah nih saya beli 2 kg bikin 1 kg 1 kg nanti kalau ada yang beli kasih ya. Lebihnya buat Bapak," ujar Zulhas.

"Amin, amin semoga tambah rezekinya," timpal pedagang.

Selain memborong bawang merah dan daging kambing, Zulhas juga membelikan daging sapi 3 kg, ayam 10 kg, tempe 20 lembar, lontong isi, Minyakita 9 bungkus, dan cabai rawit merah untuk digratiskan ke emak-emak yang berbelanja.

Usai berkeliling, Zulhas mengatakan bahwa harga bahan pokok di Pasar Badung stabil bahkan harganya di bawah harga rata-rata di pasar yang terletak di Pulau Jawa dan luar Jawa.

"Di sini harganya stabil bahkan di bawah rata-rata di Jawa dan luar Jawa. Stok pangan tersedia banyak dan harga stabil, hanya daging kambing memang agak mahal," ujar Zulhas.

Diketahui bahwa harga bahan pokok di Pasar Badung untuk rawit merah Rp 46.000/kg, cabai besar Rp 33.000/kg, bawang merah Rp 23.000-25.000/kg, ayam potong Rp 35.000/kg, daging sapi Rp 105.000/kg, dan Minyakita Rp 14.000/liter. Ada beberapa bahan pokok yang harganya lebih murah karena pedagang disubsidi oleh pemerintah daerah.

Turut mendampingi Zulhas yakni Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara, hingga Plt Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Syailendra.

Lihat juga video 'Tindak Lanjut Mendag Zulhas Usai Sidak Importir Tak Berizin di Sentul':

[Gambas:Video 20detik]



(aid/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT