ADVERTISEMENT

Siapa Pendiri Permen Susu Milkita dan Jagoan Neon? Nih Orangnya

Almadinah Putri Brilian - detikFinance
Rabu, 21 Sep 2022 16:58 WIB
Milkita
Permen Milkita/Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Siapa yang tidak tahu permen susu Milkita? Permen susu Milkita merupakan salah satu permen buatan Indonesia yang sangat terkenal. Bahkan, kini permen tersebut sudah beredar ke mancanegara, seperti Vietnam, Filipina, Tiongkok, Amerika Serikat, dan lainnya.

Permen susu Milkita merupakan produk buatan PT United Food Family (Unifam). Melansir dari situs resmi PT United Food Family, Rabu (21/9/2022), awal mula munculnya produk permen susu Milkita berasal dari hasil riset pasar dan produk yang dilakukan oleh Susylia Sukana (pendiri dan pemilik Unifam) pada tahun 1995-1996. Hasil risetnya menunjukkan bahwa gizi anak-anak Indonesia pada masa itu belum terpenuhi dengan baik ditambah dengan tingkat konsumsi susu yang rendah.

Dari hasil tersebut, Unifam mulai menciptakan cemilan sehat contohnya membuat produk permen susu. Unifam berharap anak-anak dapat mengonsumsi permen sekaligus merasakan manfaat dari susu yang terkandung di dalamnya. Alhasil, tercetuslah nama Milkita sebagai label produk permen susu tersebut.

Sosok yang bertanggung jawab atas produk ini adalah Vice President Research & Development Unifam Suniarti Pangjaya. Proyek permen susu Milkita langsung diamanatkan kepada Suniarti begitu ia menyelesaikan kuliahnya di Amerika Serikat.

Formula soft candy permen susu Milkita pertama juga dilakukan oleh Mr. Iwai, konsultan dari Jepang yang telah banyak membantu Susylia Sukana pada awal-awal bisnisnya. Pada awal produksi permen susu Milkita, Suniarti mengaku mengalami masa-masa di mana permen lengket dan patah-patah. Namun, ia dan Mr. Iwai tidak menyerah dan terus bekerja mencari solusi hingga menemukan formula yang sempurna.

Awal Berdirinya PT United Food Family

Dilansir dari situs resmi Unifam, Rabu (21/9/2022), awal berdirinya PT United Food Family berawal dari ide besarnya Harsono Pangjaya. Ia merupakan putra keempat dari pasangan Fong Bung Kong dan Eng Woei Sun. Sebagai satu-satunya anak laki-laki di keluarga tersebut, dalam kultur Tionghoa, Harsono wajib meneruskan usaha keluarganya sebagai pedagang emas di Makassar. Karena menjalankan kewajibannya, ia tidak bisa melanjutkan sekolah sampai kuliah. Namun, adik-adiknya diberi kesempatan melanjutkan kuliah.

Harsono cukup jeli menangkap tren bisnis masa depan. Menurutnya akan ada bisnis lain yang bisa dikembangkan selain bisnis emas, yaitu mengarah ke bisnis industri. Merasa bahwa bisnis emas saja tak akan cukup, ia pun mengumpulkan semua saudaranya, termasuk Susylia Sukana yang menjadi eksekutor ide tersebut.

Susylia Sukana menyelesaikan studinya di Universitas Cheng Kung di Taiwan pada tahun 1974. Meskipun sudah mendapat gelar S1 Chemical Engineering, ia masih merasa belum memiliki pengalaman apapun dan belum waktunya memulai bisnis.

Akhirnya ia memilih bekerja di sebuah pabrik kimia dan langsung memegang tanggung jawab sebagai kepala pabrik di perusahaan saccharin di Cibinong, Jawa Barat. Setelah 5 tahun bekerja di sana, ia merasa sudah waktunya untuk membantu sang kakak, Harsono Pangjaya, untuk membuka bisnis baru dan kembali ke Makassar.

Saat memutuskan untuk keluar dari pabrik, Susy mendapat informasi dari mantan bosnya, Mr. Fang, tentang peluang usaha yang bagus yaitu bisnis permen kacang yang sedang naik daun di Taiwan. Dari situ, tercetus ide untuk membuat bisnis permen bersama kakaknya. Mereka akhirnya sepakan untuk membangun bisnis permen yang diberi nama PT Unican Surya Agung.

Susy menjadi eksekutor dari ide-ide besar sang kakak dan mewujudkannya sehingga menghasilkan bisnis UNIFAM Group yang berkembang hingga hari ini. Setelah 30 tahun berperan sebagai CEO yang membawahi empat perusahaan manufacturing, PT Unican Surya Agung, PT Pandaria Makmur, PT Fonusa Agung Mulia, dan PT United Surya Agung, Susy memutuskan untuk mundur lantaran sudah mulai kewalahan.

Akhirnya, Susy menunjuk putra pertamanya, Steven Erwin Wijaya, untuk melanjutkan tongkat kepemimpinannya. Di bawah pimpinan Steven, kini Unican berubah nama menjadi PT United Family Food (Unifam). Hingga saat ini, Unifam beroperasi melalui 1 kantor pusat nasional dan 4 kantor internasional yang terdiri dari sekitar 5000 karyawan.

Produk Lain Selain Permen Susu Milkita

Selain membuat produk permen susu Milkita, Unifam juga membuat beberapa produk permen terkenal lainnya. Contohnya Jagoan Neon, Super Zuper, Split, Cola Candy, Freshway, dan DeFanty. Unifam juga memproduksi minuman perisa seperti Kiko dan Pino. Mereka juga memproduksi camilan telur gabus dengan merek KataOma serta mi instan Lemonilo.

Simak juga Video: Minie Sudjarwo Temukan Definisi Seksi ala Bodybuilder

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT