ADVERTISEMENT

Puluhan Wali Kota dari ASEAN Bakal Kumpul di Surabaya, Ini yang Dibahas

Ilyas Fadilah - detikFinance
Kamis, 22 Sep 2022 15:49 WIB
Monumen Tugu Pahlawan Surabaya
Foto: Budi Sugiharto
Jakarta -

Jawa Timur akan menjadi tuan rumah kongres Eastern Regional Organization for Planning Settlements (EAROPH) ke-28. Acara ini akan diselenggarakan pada 5-7 Oktober 2022 di Surabaya, Jawa Timur.

EAROPH adalah organisasi yang menaungi pakar dan praktisi bidang perencanaan dan pemukiman di wilayah Asia-Australasia. Dalam kongres nanti, EAROPH bekerja sama dengan berbagai organisasi, seperti United Cities and Local Goverment (UCLG) Asia Pacific, sebuah organisasi yang menaungi kepala daerah di Asia Pasifik.

Kongres EAROPH diselenggarakan bersamaan dengan ASEAN Mayors Forum (AMF) roundtable discussion. Direncanakan ada lebih dari 20 perwakilan walikota dari Asean yang hadir di Surabaya, membahas soal kota masa depan.

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak mengatakan, kongres tersebut akan akan mempertemukan ahli di bidang perencanaan dan permukiman negara-negara di Asia. Beberapa pembicara yang hadir berasal dari Australia Pakistan, Filipina, dan negara-negara lain.

Tema yang akan dibahas adalah mengenai permukiman dan perkotaan masa depan atau Future Cities dan permukiman masyarakat.

"Jawa Timur merasa senang bisa menjadi tuan rumah EAROPH World Congress ke-28, dan kami berharap pertemuan para pakar pemukiman dari berbagai negara di Surabaya akan menjadi kesempatan untuk melahirkan gagasan-gagasan konkret untuk perkotaan dan permukiman masa depan," katanya di Kantor Badan Penghubung Pemprov Jawa Timur di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (22/9/2022).

Lewat kongres ini Emil berharap bisa menarik investor ke Indonesia, khususnya ke wilayah Jawa Timur. Jawa Timur sendiri akan menambpilkan program-program strategis di bidang infrastruktur strategis dan pengembangan wilayah.

Sekjen UCLG Aspac Bernadia Tjandradewi mengatakan, para kepala daerah dari negara-negara Asean akan duduk bersama membahas strategi mewujudkan kota masa depan. "Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan EAROPH World Congress maka sinergi ini akan sangat efektif untuk mempertemukan para pakar dan kepala daerah atau walikota," ungkapnya.

Sementara itu, presiden EAROPH Yolansa Reys menyampaikan antusiasmenya untuk menghadiri acara tersebut. Ia yakin hasil dari kongres akan membawa hasil nyata dalam menjawab tantangan permukiman masa depan.

"Kami optimis bahwa kongres akan berjalan dengan baim dan menampilkan program-program yang membawa hasil nyata dalam menjawab tantangan perrmukiman di masa mendatang," imbuhnya.

Tonton juga Video: Asa Timor Leste Masuk ASEAN Saat Presidensi Indonesia di 2023

[Gambas:Video 20detik]




(dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT