ADVERTISEMENT

Anak BUMN Genjot Layanan Logistik Udara dan Laut, Begini Caranya

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Jumat, 23 Sep 2022 12:55 WIB
Pekerja melakukan bongkar muat peti kemas dengan menggunakan alat berat di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (14/4/2022).
Ilustrasi/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Anak usaha PT Angkasa Pura I, Angkasa Pura Logistik (APLog) mengembangkan bisnis dan pelayanan kargo via laut dan udara dengan M-Global Logistik, Meratus Group.

Kerja sama meliputi layanan pengangkutan via darat, pengiriman port to port melalui udara, pemeriksaan keamanan kargo dan pos, pengangkutan dari pelabuhan ke pelabuhan dengan kepastian kontainer, serta distribusi dan last mile melalui jalur laut, darat, udara, dan kombinasinya.

"Dari pandemi yang telah berlangsung dua tahun ini, kita semua belajar bahwa apa pun yang terjadi, logistik harus tetap jalan. Dengan latar belakang tersebut, negara melalui BUMN memberikan instruksi untuk memastikan sistem logistik yang lebih efisien," kata Direktur Pengembangan Usaha Angkasa Pura I, Dendi T Danianto dalam keterangannya, Jumat (23/9/2022).

Sistem logistik yang efisien bisa dilakukan salah satunya dengan kerja sama ini. Diharapkan terbentuk konektivitas layanan darat, laut dan udara.

"Sehingga kita dapat memberikan one-stop integrated solutions untuk pelanggan," ungkap Dendi.

Kerja sama ini bertujuan meningkatkan layanan dan alternatif bandara dari para forwarder, pemilik barang, dan pemangku kepentingan lainnya dalam pendistribusian kargo ke area bandara yang lebih dekat dengan tujuan wilayah Indonesia timur.

Dengan demikian diharapkan terdapat pelayanan yang lebih efisien, cepat dan terintegrasi dengan SLA (Service Level Agreement) yang dibutuhkan oleh pelanggan.

"Secara nasional kerja sama APLog dengan MGLOG diharapkan dapat menjadi layanan yang terkoneksi antar pulau antar tujuan yang secara konsisten mendorong Pertumbuhan Perekonomian Indonesia melalui layanan darat, udara, laut, dan kombinasinya," tuturnya.

(ara/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT