ADVERTISEMENT

Ini Dia Pendiri Bakmi GM, Restoran Mi Paling Ikonik di RI

Almadinah Putri Brilian - detikFinance
Sabtu, 24 Sep 2022 06:00 WIB
mie or bakmi ayam. seasoned yellow wheat noodles topped with diced chicken meat
Ilustrasi Bakmi/Foto: iStock
Jakarta -

Siapa yang tidak tahu Bakmi GM? Bakmi GM adalah salah satu restoran bakmi paling ikonik di Indonesia. Rasa dari Bakmi GM sendiri sudah cukup melekat di lidah masyarakat.

Siapa yang menyangka bahwa Bakmi GM telah berdiri sejak tahun 1959. PT Griya Miesejati merupakan induk perusahaan dari Bakmi GM. Dulunya, Bakmi GM bernama Bakmi Gajah Mada namun seiring berjalannya waktu mereka mengganti namanya menjadi Bakmi GM.

Siapa pendiri Bakmi GM?

Adalah sepasang suami-istri, bernama Tjhai Sioe dan Loei Kwai Fong yang mendirikan Bakmi GM pada tahun 1959. Pada awal berdirinya, restoran ini masih berbentuk kedai yang sangat sederhana. Tjhai Sioe membuat mi sendiri menggunakan bambu.

Dilansir dari akun Youtube resmi Bakmi GM, Jum'at (23/9/2022), Peily Dian Lie (anak dari Tjhai Sioe dan Loei Kwai Fong) menyebutkan bahwa pada tahun 1962-1963 setelah adanya Asean Games, mulai banyak pengunjung dari luar kota maupun luar negeri yang mencicipi Bakmi GM. Hal tersebut menyebabkan Bakmi GM berkembang dengan pesat.

Pada tahun 1971, Bakmi GM membuka cabang pertamanya di Melawai. Cabang pertama Bakmi GM mendapat sambutan dari masyarakat dengan sangat baik. Karena terus mendapat dukungan dari pelanggan akhirnya Bakmi GM terus membuka banyak cabang.

Hingga kini Bakmi GM memiliki outlet-outlet yang tersebar di Jabodetabek, Bandung dan Surabaya. Dengan pengalaman lebih dari 50 tahun di industri restoran, BAKMI GM saat ini melayani lebih dari 30.000 pelanggan per hari. Selain itu, terdapat kurang lebih 1200 staf yang tergabung dalam tim pelayanan Bakmi GM.

Sejak tahun 2008 hingga tahun 2013 secara konsisten Bakmi GM mendapatkan Top Brand Award. Selain itu, Bakmi GM juga terpilih sebagai Best Food Restaurant oleh majalah NOW.

Untuk menjaga kualitas yang diharapkan dan mencari apa yang pelanggan inginkan, Business Development Directior Bakmi GM Tammy Tanumihardja menyebutkan terdapat dua kunci yang terus dijaga yaitu konsistensi dan inovasi.

"Konsistensi dalam menjaga mutu layanan dan rasa. Kreativitas inovasi dalam mencari hal-hal baru, baik itu dalam proses layanan maupun rasa. Sehingga ada hal-hal baru yang dirasakan oleh pelanggan kami," ucap Tammy melalui akun Youtube resmi Bakmi GM yang dikutip pada Jum'at (23/9/2022).

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT