ADVERTISEMENT

Sederet Langkah Kurangi Kepadatan Pelabuhan Merak Kala Libur Akhir Tahun

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Minggu, 25 Sep 2022 15:01 WIB
Ratusan ribu pemudik dari Sumatera telah kembali ke Pulau Jawa saat arus balik Lebaran 2022. Mereka kembali ke Jawa lewat penyeberangan Pelabuhan Merak.
Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas
Jakarta -

Lalu lintas Pelabuhan Merak Banten kerap dipadati arus kendaraan kala libur Natal dan Tahun Baru. Kondisi tersebut patut mendapat perhatian lebih dari pemerintah menjelang akhir tahun ini.

Pemerintah beserta seluruh pihak pengelola lalu lintas darat dan laut perlu bekerja sama dalam mengantisipasi kepadatan agar peristiwa saat musim mudik Lebaran 2022 tidak terulang.

Akademisi Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Institut Teknologi Sumatera Ilham Malik menyampaikan, ada beberapa skema lalu lintas yang bisa diterapkan untuk mengantisipasi potensi kepadatan yang dapat terjadi.

Yang pertama ialah, pemerintah harus memperkirakan arus kendaraan yang akan menyeberang lewat pelabuhan tersebut untuk menentukan pola pengaturan yang tepat.

"Tentu saja survei ini harus dilakukan dengan baik untuk mengetahui berapa demand atau kebutuhan yang harus dilayani oleh pihak pelabuhan, untuk area penampungan baik diluar dan didalam pelabuhan, jumlah kapal penyeberangan yang beroperasi, dan termasuk juga penyambutan di Pelabuhan Bakauheni. Jadi saya kira apa yang harus diperbaiki itu adalah kemampuan kita dalam memperkirakan suplai dan demandnya," kata Ilham, dalam keterangannya, Minggu (25/09/2022).


Ilham melanjutkan, penerapan pola tersebut di atas perlu didukung oleh perbaikan sistem tiket menggunakan Ferizy, sehingga pengemudi kendaraan bisa mengetahui giliran waktu masuk ke dalam pelabuhannya sehingga dapat menghindari penumpukan kendaraan di pelabuhan.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT