Badai PHK Terpa RI, Landa 3 Perusahaan dalam Seminggu!

ADVERTISEMENT

Badai PHK Terpa RI, Landa 3 Perusahaan dalam Seminggu!

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 25 Sep 2022 19:00 WIB
PHK Unilever
Foto: PHK Unilever (Andhika Akbarayansyah/detikcom)
Jakarta -

Badai PHK terjadi di Indonesia. Mulai dari perusahaan startup hingga perusahaan teknologi melakukan PHK besar-besaran.

Dari catatan detikcom, sejauh ini dalam kurun waktu sebulan saja sudah ada 3 perusahaan yang melakukan PHK besar-besaran para karyawannya. Bahkan pengumuman PHK itu terjadi dalam hitungan hari dalam seminggu.

Berikut ini rangkumannya:

1. Shopee Indonesia

Shopee Indonesia menjadi perusahaan pertama yang melakukan PHK karyawannya. Kabarnya cukup banyak karyawan yang terdampak dari PHK ini. Kabar PHK Shopee pun cukup menggemparkan di Indonesia.

Langkah efisiensi berupa pelepasan sejumlah karyawan dilakukan Shopee pada hari Senin 19 September kemarin. Head of Public Affairs Shopee Indonesia Radynal Nataprawira menjelaskan bahwa dengan berat hati, Shopee Indonesia harus melepas sejumlah karyawannya.

Keputusan ini merupakan langkah terakhir yang harus ditempuh, setelah melakukan penyesuaian melalui beberapa perubahan kebijakan bisnis.

"Kondisi ekonomi global menuntut kami untuk lebih cepat beradaptasi serta mengevaluasi prioritas bisnis agar bisa menjadi lebih efisien. Ini merupakan sebuah keputusan yang sangat sulit," kata Radynal.

Shopee berkomitmen untuk memberikan dukungan bagi karyawan yang terdampak dari kebijakan ini. Pesangon akan diberikan sesuai aturan perundang-undangan plus 1 bulan gaji.

"Proses ini akan dilakukan berdasarkan peraturan pemerintah. Karyawan yang terdampak akan mendapatkan pesangon sesuai ketentuan perundang-undangan dengan tambahan 1 bulan gaji," papar Radynal.

Karyawan Shopee yang terdampak juga masih dapat menggunakan fasilitas asuransi kesehatan perusahaan hingga akhir tahun dengan seluruh manfaatnya.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT