ADVERTISEMENT

Ditanya Mau Kerja Apa Kalau Sudah Nggak Jadi Menkeu? Sri Mulyani: Chef

Anisa Indraini - detikFinance
Minggu, 25 Sep 2022 22:30 WIB
Ilustrasi dan Profil Sri Mulyani
Foto: Profil Sri Mulyani (Fauzan Kamil/Infografis detikcom)
Jakarta -

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku berminat menjadi juru masak atau chef. Profesi itu akan ditekuni jika dirinya tidak mendapat panggilan sebagai Bendahara Negara.

Hal itu dikatakannya saat pembukaan Olimpiade APBN 2022 secara virtual, Minggu (25/9/2022). Dalam kesempatan itu ada pertanyaan dari salah satu peserta murid SMA yang menanyakan apa yang akan ditekuni Sri Mulyani jika tidak menjadi menteri keuangan.

Sri Mulyani pun bercerita profesinya sampai sekarang mungkin masih menjadi guru/dosen dan peneliti jika tidak diminta menjadi menteri keuangan. Dipikir-pikir lagi sekarang, dia juga ingin menjadi juru masak.

"Kalau saya nggak jadi menteri, saya jadi apa? Satu, pasti jadi guru atau jadi dosen dan peneliti karena selama ini kan sebelum jadi menteri, saya adalah pengajar di universitas. Tapi saya pikir-pikir sekarang saya pengin jadi chef juga kali ya, jadi tukang masak gitu," kata Sri Mulyani.

Perempuan kelahiran Bandar Lampung, 26 Agustus 1962 ini sebelumnya memang dikenal sebagai pengamat ekonomi di Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (LPEM FEUI).

Sri Mulyani menjabat sebagai Kepala Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (LPEM FEUI) sejak 1998.

Anak ketujuh dari 10 bersaudara ini merupakan anak dari pasangan Satmoko dan Retno Sriningsih Satmoko di mana keduanya merupakan Guru Besar di Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Pada kesempatan itu, Sri Mulyani bercerita mengenai sosok panutan dalam hidupnya sehingga dirinya bisa seperti saat ini. Sosok inspirasinya tersebut tak lain adalah orang tuanya sendiri khususnya sang ibunda.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT