Begini Caranya Biar Pertanian RI Jaya Lagi

ADVERTISEMENT

Begini Caranya Biar Pertanian RI Jaya Lagi

Ilyas Fadilah - detikFinance
Senin, 26 Sep 2022 18:03 WIB
Petani di Desa Plosowangi, Kecamatan Cawas, Klaten nekat tanam padi meski masuk musim kemarau (nyorot), Senin (1/8/2022).
Foto: Achmad Hussein Syauqi/detikJateng
Jakarta -

Sektor pertanian tengah menjadi sorotan lantaran disinyalir kurang menarik untuk ditekuni oleh generasi muda. Berbagai cara perlu dilakukan guna menarik minat generasi muda terjun ke sektor ini.

Salah satunya lewat Jambore Nasional Indonesia Total Organik yang akan digelar di Taman Air Indonesia Etasia, Boyolali, Jawa Tengah, 15-16 Oktober 2022.

Jambore tersebut diisi dengan workshop, diseminasi, sinergi, demo teknologi mutakhir, keakraban, dan pentas seni budaya. Selain itu, akan diadakan antara lain program penguatan bagi anggota kelompok tani, dan operator mini laboratorium produksi MA-11.

"Dengan jambore ini, para petani Indonesia total organik diharapkan akan berkonsolidasi dalam berbagai segmen baik penguasaan ilmu total organik, membagi jaringan bisnis, dan merancang pertanian masa depan agar Nusantara jaya lagi," kata Ketua Yayasan Anugrah Nusa Bangsa Indonesia (ANSA) Nugroho Widiasmadi, dalam keterangannya belum lama ini.

Dalam jambore tersebut, juga akan diadakan pemberian ANSA Award untuk para petani Indonesia total organik yang sudah berkomitmen dan berjuang selama ini, yaitu untuk kelompok tani, kelompok tani milenial, operator mini laboratorium.

Dikatakan, dalam upaya mewujudkan kedaulatan pangan dan energi di tengah ketidakpastian global, maka ANSA akan melalukan agenda rutin 2 tahunan berupa temu petani binaan sebagai media interaksi untuk meningkatkan ketrampilan dan pengetahuan bertani secara organik.

(dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT