Raja Charles III Rilis Simbol Baru Kerajaan Inggris, Bakal 'Mejeng' di Paspor

ADVERTISEMENT

Raja Charles III Rilis Simbol Baru Kerajaan Inggris, Bakal 'Mejeng' di Paspor

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 27 Sep 2022 13:20 WIB
Raja Charles III dalam prosesi deklarasi Raja Inggris yang bersejarah, Tanggung jawab besar ini sekarang diwariskan kepada saya
Raja Charles III/Foto: BBC World
Jakarta -

Raja Charles III memimpin kerajaan Inggris usai wafatnya Ratu Elizabeth II. Kini dirinya mengumumkan pergantian royal cypher atau lambang monarki sebagai simbol baru kerajaan Inggris.

Dikutip dari The Telegraph, Selasa (27/9/2022), royal cypher baru kerajaan Inggris kini berinisial 'CIIIR' atau 'Charles III Rex'. Pergantian simbol itu sudah diresmikan.

Sebelumnya saat mendiang Ratu Elizabeth II berkuasa, royal cypher berinisial 'EIIR' yang merupakan akronim dari 'Elizabeth II Regina'. Kata 'Regina' diambil dari bahasa latin yang berarti ratu.

Sama seperti sebelum-sebelumnya, royal cypher baru secara bertahap akan menghiasi kancing, seragam militer, paspor, hingga kotak pos di Inggris.

Kotak pos yang lama tetap dipertahankan, tetapi kotak pos baru akan tercetak simbol CIIIR pada permukaannya. Paspor Inggris yang dirilis atas nama Her Majesty masih tetap berlaku, tetapi perubahan penulisan akan dilakukan pada paspor baru yaitu menjadi His Majesty.

Sementara transformasi lainnya seperti stempel pos, seragam staf kerajaan dan tentara, lambang pada gedung pemerintahan dan lain sebagainya juga akan didesain dengan royal cypher baru.

Raja Charles III Perkenalkan Simbol Baru Kerajaan Inggris. Royal cypher baru kerajaan Inggris kini berinisial 'CIIIR' atau 'Charles III Rex'.Raja Charles III Perkenalkan Simbol Baru Kerajaan Inggris. Royal cypher baru kerajaan Inggris kini berinisial 'CIIIR' atau 'Charles III Rex'. Foto: Ardan Adhi Chandra/detikcom

Simak Video: Arti Sandi Baru Raja Charles III

[Gambas:Video 20detik]



(aid/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT