Ketika Jakarta Tak Lagi Jadi Ibu Kota

ADVERTISEMENT

Kolom

Ketika Jakarta Tak Lagi Jadi Ibu Kota

Budya Pryanto Putra - detikFinance
Selasa, 27 Sep 2022 15:03 WIB
Cara ke Monas bisa menggunakan transportasi umum kereta KRL Commuter Line, MRT, hingga busway TransJakarta. Monas sendiri terletak di Jakarta Pusat.
Foto: Dok. Pribadi
Jakarta -

Pernahkah kau bayangkan masa gemilang Sriwijaya,
Dan zaman keemasaan Majapahit raya,
Pernahkah kau bayangkan kegagahan para perwira,
Pahlawan kita di masa telah silam
Tidakkah mereka telah mewariskan bumi nusantara
Dengan segala kemegahannya,
Indah megah dan jaya...

Lirik tersebut merupakan bagian syair gubahan FA. Warsono, seniman lagu patriotik yang kerap menunjukkan semangat cinta tanah air pada setiap karya-karyanya. Syair tersebut membawa romansa kejaayan Indonesia seperti zaman gemilang Sriwijaya dan keemasan Majapahit.

Kobaran semangat dan kegagahan para perwira pahlawan di masa silam yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia yang mewariskan bumi nusantara dengan segala kemegahannya. Bagi kita yang hidup di zaman sekarang, anugerah ini dalah hal yang patut disyukuri dengan pengamalan rasa cinta tanah air dan bela negara secara utuh.

Pasal 9 ayat (1) huruf a Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara menyatakan bahwa "Upaya Bela Negara" adalah "sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara."

Pemahaman tersebut dapat dimaknai bahwa upaya bela negara tidak hanya bertempur di medan perang, namun melaksanakan yang terbaik sesuai dengan bidang fungsi dan tugas kita masing-masing. Upaya meningkatkan perekonomian guna mencapai kedaulatan ekonomi juga merupakan salah satu bentuk implementasi nyata dari bela negara.

Kedaulatan ekonomi adalah sikap mandiri dalam bidang perekonomian di mana kita sebagai suatu negara tidak bergantung pada negara lain untuk mencukupi kebutuhan rakyat. Salah satu bentuk upaya mencapai kedaulatan ekonomi adalah melalui penguatan fungsi Investasi.

Secara etimologi investasi sendiri berasal dari kata invest yang artinya menanam atau menginvestasikan uang atau modal. Istilah investasi memang lebih popular dalam dunia usaha sedangkan dalam bahasa perundang-undangan lazimnya dikenal dengan istilah penanaman modal, namun pada prinsipnya kedua istilah tersebut sama sehingga sering digunakan secara interchangeable.

Penanaman modal yang didorong oleh iklim yang kondusif akan memunculkan kegiatan-kegiatan ekonomi yang dinamis, sehingga berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kegiatan penanaman modal dapat memberikan dampak positif secara langsung maupun tidak langsung bagi perekonomian.

Penanaman modal pada suatu sektor, dapat memberikan efek pengganda (multiplier effect) bagi sektor-sektor lainnya. Efek pengganda ini dapat mendorong pertumbuhan kegiatan perekonomian masyarakat, di antaranya adalah terbukanya lapangan pekerjaan baru.

Pada akhirnya seluruh hal tersebut akan bermuara pada pertumbuhan ekonomi yang meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sehingga mudah dipahami jika upaya untuk meningkatkan penanaman modal baik dalam negeri maupun asing menjadi salah satu langkah penting bagi pemerintah daerah khususnya pada era otonomi daerah sekarang ini.

Lanjut ke halaman berikutnya



Simak Video "Bambang Susantono Blak-blakan soal Saweran Bangun IKN"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT