ADVERTISEMENT

Dunia Dilanda Ketidakpastian, Jokowi: Semua Negara Sulit!

Ilyas Fadhillah - detikFinance
Kamis, 29 Sep 2022 10:59 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, dunia dilanda kondisi yang penuh ketidakpastian. Hal ini berimbas pada ekonomi dunia yang sulit diprediksi.

"Sering berkali-kali saya sampaikan, dunia sekarang ini berada pada ketidakpastian yang tinggi. Semua negara berada pada posisi sulit, dan juga ekonomi yang sulit diprediksi, sulit dikalkulasi" ungkapnya dalam UOB Economic Outlook 2023 yang disiarkan secara daring, Kamis (29/9/2022).

Menurut Jokowi, arah pemulihan kondisi ini belum jelas. Sebab, saat satu masalah belum selesai, muncul lagi masalah baru yang dihadapi.

"Satu masalah muncul belum selesai, muncul masalah yang lain. Dan efek domino ini, semua menyampaikan sulit dihitung," katanya menambahkan.

Dalam kesempatan itu, Jokowi kembali menceritakan perjalanan menemui beberapa pemimpin dunia. Seperti, bertemu Presiden China, Presiden Jepang, Perdana Menteri Italia, hingga Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen.

Menurut Jokowi, hasil pertemuan itu membuatnya bisa menyimpulkan jika kondisi ini adalah kondisi yang sulit.

"Ketemu Presiden EU Ursula tapi tidak dalam forum formalnya, tapi saat makan malam. Dari situlah saya bisa menyimpulkan bahwa semuanya sulit," ujarnya.

(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT