BLT Gaji Rp 600.000 Tahap 4 Cair Senin Depan, Siap-siap Cek Rekening!

ADVERTISEMENT

BLT Gaji Rp 600.000 Tahap 4 Cair Senin Depan, Siap-siap Cek Rekening!

Ilyas Fadilah - detikFinance
Jumat, 30 Sep 2022 18:11 WIB
Infografis syarat & cara cek BLT subsidi gaji Rp 600 ribu
Ilustrasi BLT Gaji Rp 600.000Foto: Infografis detikcom/Zaki Alfarabi
Jakarta -

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menargetkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau BLT gaji tahap 4 cair Senin depan, (3/10/2022). Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi.

"Mudah-mudahan, Insya Allah di awal minggu depan, Senin, dari hasil pemadanan tersebut (BSU) tahap empat cair," katanya di Gedung Kemnaker, Jakarta Selatan, Jumat (30/9/2022).

Anwar menjelaskan, Kemnaker telah menerima data detail penerima pada hari kamis. Data tersebut lalu dipadankan, dan dipastikan bahwa penerima BSU bukan penerima bantuan PKH, Kartu Prakerja, PNS, dan TNI/Polri.

Adapun jumlah penerima BSU tahap ke-4 ditargetkan sebanyak 1,5 juta orang. Namun baru 1,2 juta orang yang sudah clean dari pemadanan.

"Jumlah tersebut kan kemudian berkurang, kalau nggak salah dari 1,5 juta yang kita peroleh, itu 1,2 juta yang sudah clean dari pemadanan nggak ada persoalan. Dari angka tersebut kemudian kita kirim ke bank," katanya menambahkan.

Nantinya pihak bank akan melakukan validasi. Menurut Anwar, kerap terjadi permasalahan saat validasi. Seperti, nomor rekening bermasalah, nomor rekening yang sudah tidak digunakan, atau menggunakan klaim atas nama orang tua.

Anwar menyebut ada kemungkinan jumlah penerima BSU berkurang dari target awal 14,6 juta.

"Itu kan target awal, target awal kan bisa saja yang namanya setelah kita padankan, yang bersangkutan telah menerima program bantuan sosial lainnya, sebagaimana regulasi kan clear, salah satu persyaratan kan tidak menerima bansos lainnya yang tadi saya sudah sebutkan, sehingga bisa saja akan berkurang," jelasnya.

Adapun penyaluran BSU dilakukan lewat bank Himbara (Bank BUMN). Jika ada persoalan di bank Himbara, penyaluran dilakukan lewat PT Pos.

(hns/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT