Harga Emas Turun Terus, Waktunya Beli Nih?

ADVERTISEMENT

Harga Emas Turun Terus, Waktunya Beli Nih?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 01 Okt 2022 14:30 WIB
Petugas melayani warga yang akan menabung emas di gerai Gadai Emas dan Cicil Emas BSI di Pasar Mayestik, Kebayoran Baru, Jakarta, Rabu (6/7/2022). Harga emas Antam anjlok sebesar Rp12 ribu per gram, di mana hari sebelumnya harga emas Antam Rp 989 ribu per gram menjadi Rp 977 ribu per gram pada perdagangan Rabu, 6 Juli 2022. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/foc.
Foto: ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA
Jakarta -

Harga emas atau logam mulia tercatat terus mengalami penurunan. Pagi ini saja harga emas tercatat turun menjadi Rp 943.000 atau turun Rp 2.000 per gram dibandingkan perdagangan hari sebelumnya Rp 945.000 per gram.

Direktur PT Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi mengungkapkan untuk masyarakat yang ingin membeli emas sebaiknya ditahan dulu.

"Tahan dulu beli emas logam mulia, karena masih ada kemungkinan penurunan lagi ke posisi US$ 1.660 ke US$ 1.550 per troy ounce," kata dia saat dihubungi, Sabtu (1/10/2022).

Ibrahim mengungkapkan, dengan kondisi pasar yang seperti ini, harga emas kemungkinan besar akan menyentuh level terendah.

Pasalnya saat ini kondisi di beberapa negara sedang tidak kondusif. Seperti November, Desember dan Januari di Amerika Serikat (AS) dan Eropa akan masuk ke musim dingin.

Kemudian pasokan energi dari Rusia bermasalah. Kondisi ini membuat terjadinya lonjakan apartemen di Eropa. Lalu juga terjadi peningkatan pada harga-harga makanan sampai transportasi.

Dia juga menyebutkan dengan tingginya inflasi seperti di Inggris membuat uang tak ada artinya dan tak ada keinginan untuk berinvestasi.

Dikutip dari goldprice.org disebutkan harga emas saat ini tercatat pada level US$ 1.660 atau minus 3,79%.

(kil/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT