Bahlil Sebut Tak Ada yang Bisa Ramal Ekonomi Global Meski Pakai Ilmu Langit

ADVERTISEMENT

Bahlil Sebut Tak Ada yang Bisa Ramal Ekonomi Global Meski Pakai Ilmu Langit

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Minggu, 02 Okt 2022 17:38 WIB
POster
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia. Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia bicara mengenai kondisi ekonomi global terkini. Menurutnya, tak seorang pun yang bisa meramal kondisi ekonomi global tersebut.

"Ekonomi global hari ini tidak ada satu orang pun yang dapat meramal, baik pakai ilmu teori ekonomi dengan kemampuan pengalaman empirisnya, maupun ilmu langit," katanya dikutip dalam Youtube Indikator Politik Indonesia, Minggu (2/10/2022).

Dia mengatakan, perang Rusia Ukraina memberikan dampak pada tatanan sistem ekonomi global yang tidak pernah diperkirakan sebelumnya.

"Contoh katakan Inggris hari ini, kita lihat bagaimana mereka mengajukan penambahan APBN, dan pound sterling turun nilai tukarnya, dan harga dolar naik," ujarnya.

Dia melanjutkan, ada asumsi jika perang Rusia dan Ukraina tak memberi dampak ke Indonesia. Namun nyatanya ekonomi global selalu berkaitan dengan Indonesia.

Dia menuturkan, krisis pangan dan energi sudah memberikan dampaknya ke Indonesia.

"Maka apa yang terjadi, pengurangan sebagian subsidi yang berdampak pada kenaikan BBM itu adalah akibat dari persoalan kenaikan harga BBM dari US$ 63-US$70 per barel dalam asumsi APBN 2022 menjadi US$ 100-US$ 104 per barel," jelasnya.



Simak Video "Wanti-wanti Bahlil soal RI Bisa Antre Jadi Pasien IMF di Tahun Politik"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT