Berapa Harga Emas di Puncak Monas? Cek di Sini

ADVERTISEMENT

Berapa Harga Emas di Puncak Monas? Cek di Sini

Almadinah Putri Brilian - detikFinance
Selasa, 04 Okt 2022 07:00 WIB
Cara ke Monas bisa menggunakan transportasi umum kereta KRL Commuter Line, MRT, hingga busway TransJakarta. Monas sendiri terletak di Jakarta Pusat.
Berapa Harga Emas Monas? Foto: Getty Images/iStockphoto/Aditya Mawardi
Jakarta -

Monumen Nasional atau Monas merupakan salah satu landmark DKI Jakarta. Monas juga seringkali dijadikan sebagai tempat wisata edukasi bagi masyarakat Indonesia. Salah satu yang paling ikonik tentang Monas ialah adanya emas raksasa di atas bangunan tersebut.

Tugu Monas sendiri memang memiliki banyak cerita yang menarik dalam proses pembangunannya. Mulai dari pemasangan tiang pancang hingga pemasangan emas raksasa yang berada di puncak.

Berat Emas Monas

Mengutip Instagram resmi Monumen Nasional (Monas), total berat emas yang ada di Monas ialah 72 kilogram (kg). Sebagian besar orang mengetahui bahwa berat emas di Monas hanya 50 kg yang terletak pada Lidah Api Kemerdekaan yang berada di atas Pelataran Puncak Monas.

Lalu, di mana letak 22 kg emas lainnya? disebutkan bahwa 22 kg emas lainnya terletak di Ruang Kemerdekaan. Emas tersebut melekat pada pintu gapura kemerdekaan, burung Garuda Pancasila, dan kepulauan Indonesia.

Ruang Kemerdekaan merupakan ruangan berbentuk persegi yang dikelilingi amphitheater yang menyimpan 4 simbol kemerdekaan bangsa Indonesa. Di ruangan ini pengunjung bisa mendengarkan suara asli Bung Karno saat membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan 1945.

Selain itu dilengkapi juga dengan salinan naskah proklamasi yang disimpan pada kotak kaca di dalam pintu gerbang yang dikenal dengan nama "Gerbang Kemerdekaan" berlapis emas dan dihiasi bunga wijaya kusuma.

Berapa harga keseluruhan emas tersebut?

Jika mengacu pada harga emas Antam per 3 Oktober 2022, harga emas berada di kisaran Rp 885.600.000 per kg. Sedangkan emas yang ada di Monas memiliki total berat 72 kg.

Dengan demikian, maka hitungan kasar harga emas di Monas dengan mengacu harga Antam adalah 72 kg dikalikan Rp 885.600.000 jadi sekitar Rp 63.763.200.000 atau Rp 63,7 miliar. Namun perlu diingat lagi, ini merupakan perhitungan kasar harga emas Monas jika dihitung dengan harga emas Antam.

Simak juga Video: Melihat Kondisi Monas yang Dindingnya Mulai Kusam

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT