ADVERTISEMENT

Digelar Bulan Depan, Begini Persiapan KTT G20 di Bali

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Senin, 03 Okt 2022 15:02 WIB
Jalan Tol Bali Mandara siap sambut delegasi KTT G20
Foto: istimewa
Jakarta -

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 akan digelar di Bali bulan depan. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan jika saat ini persiapan acara tersebut hampir selesai.

Dia menyebutkan, dalam pertemuan Sherpa beberapa waktu lalu membahas terkait ekonomi, kesehatan dan keuangan.

"Beberapa negara masih mendorong agar masalah yang terkait itu bisa masuk dalam pembahasan dan didalami lagi," kata dia dalam keterangan pers, Senin (3/10/2022).

Airlangga menyebut, Presiden Joko Widodo akan meninjau langsung kesiapan acara di Bali.

"Dari segi kesiapan, bapak Presiden akan meninjau ke Bali untuk cek detail persiapan," ujarnya.

Sekadar informasi G20 adalah forum kerja sama multilateral yang terdiri dari 19 negara utama dan Uni Eropa (EU).

G20 merepresentasikan lebih dari 60% populasi bumi, 75% perdagangan global, dan 80% PDB dunia. Anggota G20 terdiri dari Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Republik Korea, Rusia, Perancis, Tiongkok, Turki, dan Uni Eropa.

Dalam rangkaian agenda G20 ini ada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT)/Summit. Merupakan klimaks dari proses pertemuan G20, yaitu rapat tingkat kepala negara/pemerintahan.

Lalu Ministerial & Deputies Meetings/Pertemuan Tingkat Menteri dan Deputi Diadakan di masing-masing area fokus utama forum.

Pada Finance Track, Ministerial Meetings dihadiri oleh menteri keuangan dan gubernur bank sentral, yang disebut Finance Ministers and Central Bank Governors Meetings (FMCBG). Sementara pertemuan para deputi disebut Finance and Central Bank Deputies Meetings (FCBD).

Selanjutnya ada Kelompok Kerja/Working Groups yang beranggotakan para ahli dari negara G20, Working Groups menangani isu-isu spesifik yang terkait dengan agenda G20 yang lebih luas, yang kemudian dimasukkan ke dalam segmen kementerian dan akhirnya KTT.

(dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT