UMKM Kopi Sipirok Binaan PLN Laku Keras, Omzet Tembus Ratusan Juta

ADVERTISEMENT

UMKM Kopi Sipirok Binaan PLN Laku Keras, Omzet Tembus Ratusan Juta

Sukma Nur Fitriana - detikFinance
Senin, 03 Okt 2022 22:39 WIB
Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan PT PLN (Persero) di Rumah BUMN Padang Sidempuan, Angkola Kopi Sipirok (AKS) terpilih mewakili Pulau Sumatera untuk tampil dalam ajang Pasar Digital UMKM Indonesia (PaDi UMKM), Hybrid Expo Batch 3 Tahun 2022.
Foto: Dok. PLN
Jakarta -

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan PT PLN (Persero) di Rumah BUMN Padang Sidempuan yakni Angkola Kopi Sipirok (AKS) terpilih mewakili Pulau Sumatera untuk tampil dalam ajang Pasar Digital UMKM Indonesia (PaDi UMKM), Hybrid Expo Batch 3 Tahun 2022 di Gedung Sarinah.

Angkola Kopi Sipirok merupakan sebuah usaha pengolahan kopi berbasis sosial bisnis. Tujuannya tidak hanya fokus kepada mencari keuntungan, tetapi dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan ekonomi masyarakat setempat, khususnya di Kabupaten Tapanuli Selatan.

Pemilik Angkola Kopi Sipirok Sholih Wahan menjelaskan motivasinya membuka usaha berjualan kopi. Ia bukan hanya ingin berjualan kopi, tetapi juga ingin menunjukkan produk daerahnya, yaitu Kopi Sipirok dari Tapanuli Selatan.

Ia mengaku dalam mengembangkan bisnis usahanya, Sholih Wahan mengaku terbantu dengan dukungan Rumah BUMN binaan PLN yang ada di daerahnya melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

"Saya sudah sembilan tahun membuka usaha ini. Alhamdulillah berkat program TJSL ini, penjualan via marketplace PLN Mobile saya mencapai rekor ratusan juta, dari sini saja. Selama satu setengah bulan laku dua ribu produk, di marketplace lain belum pernah. Jadi saya sangat terbantu sekali oleh program TJSL dan PLN Mobile ini," kata Sholih dalam keterangan tertulis, Senin (3/10/2022).

Menurut Sholih, ajang PaDi UMKM Hybrid Expo ini membantu dirinya untuk mengenalkan produk kopinya secara lebih luas lagi. Ia juga merasa ajang ini sejalan dengan program yang ia terima di Rumah BUMN, seperti branding, packaging, hingga pemasaran produk.

Atas apa yang diterima olehnya, Sholih juga berterima kasih karena dipilih dari sekitar 200 UMKM yang saat ini dibina oleh Rumah UMKM di Padang Sidempuan.

"Kami membawa produk khusus dari daerah Tapanuli Selatan, Kopi Sipirok. Alhamdulillah berkat tergabung dalam program ini penjualannya luar biasa. Untuk program TJSL, produk saya menjadi yang terlaris di Indonesia," imbuhnya.

Sementara itu, General Manager PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Utara Tonny Bellamy mengaku bangga akan Angkola Kopi Sipirok mewakili UMKM se-Pulau Sumatera dalam ajang PaDi UMKM Hybrid Expo Batch 3 Tahun 2022.

Menurutnya, PLN tidak hanya fokus sebagai penyedia jasa kelistrikan, namun juga memperhatikan para pelaku usaha UMKM di wilayah kerja PLN UIW Sumatera Utara.

"Angkola Kopi Sipirok mengedepankan inovasi yang dinamis dan mempunyai daya saing yang tinggi dengan mengutamakan kepuasan konsumen. Kopi Sipirok ini tidak hanya memiliki pasar domestik, namun sudah go international. Kopi ini sudah diekspor ke Korea hingga Jepang," ujar Tonny.

Sekedar diketahui, Kementerian BUMN mencatat secara keseluruhan, total kontribusi belanja BUMN pada UMKM yang tercatat di PaDi UMKM untuk periode Januari hingga Agustus 2022 mencapai Rp 24,5 triliun dari 94 BUMN dan perusahaan anak.

Sebagai informasi, PaDi UMKM digelar Kementerian BUMN sebagai wadah pemasaran pelaku UMKM yang berlangsung secara offline di Gedung Sarinah dari 28 September-2 Oktober 2022, dan online 28 September-12 Oktober 2022.

(akd/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT