5 Alasan Profesi PNS Jadi Idaman Mertua, Tunjangannya Banyak

ADVERTISEMENT

5 Alasan Profesi PNS Jadi Idaman Mertua, Tunjangannya Banyak

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Rabu, 05 Okt 2022 07:00 WIB
PNS Sibuk dengan HP Saat Upacara
Profesi PNS Jadi Mantu Idaman Mertua/Foto: M Rofiq
Jakarta -

Hingga saat ini PNS atau pegawai negeri sipil menjadi salah satu profesi yang diincar oleh banyak orang. Bagaimana tidak, sebab profesi sebagai seorang PNS dinilai dapat memberikan kehidupan yang menjanjikan.

Karenanya tak heran pula jika banyak orang tua yang menginginkan anaknya menikah dengan seorang PNS. Untuk tahu lebih lanjut, berikut 5 alasan kenapa profesi PNS jadi mantu idaman para mertua:

1. Punya Gaji Tetap

Sebagai seorang abdi negara, profesi PNS mendapatkan gaji tetap setiap bulannya. Gaji tersebut bisa semakin naik, tergantung dari masa dan jabatan yang diemban.

Perlu diketahui bahwa besaran gaji pokok seorang PNS telah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 tahun 2019 tentang Perubahan Kedelapan Belas atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977.

Adapun, besaran gaji PNS berdasarkan aturan tersebut berkisar Rp 1.560.800 hingga Rp 5.901.200, tergantung golongannya. Besaran gaji tersebut masih di luar sejumlah tunjangan yang dapat diterima seorang PNS setiap bulannya.

2. Dapat Banyak Tunjangan

Namun sebagai seorang abdi negara, besaran gaji PNS itu belum termasuk tunjangan yang diberikan. Adapun sejumlah tunjangan yang dapat diterima para abdi negara ini mulai dari tunjangan istri, anak hingga kinerja.

Tunjangan kinerja PNS lah yang menentukan berapa total penghasilan yang diterima setiap bulannya. Tunjangan kinerja ditentukan oleh peraturan Pemerintah di masing-masing Kementerian/Lembaga (K/L).

Berikut daftar tunjangan PNS di luar gaji pokok:

- Tunjangan Kinerja
- Tunjangan Suami/Istri
- Tunjangan Anak
- Tunjangan Makan
- Tunjangan Jabatan
- Tunjangan Umum

3. Tidak terancam PHK

Perekonimian Indonesia kerap mengalami pasang surut yang menyebabkan ancaman PHK di berbagai perusahaan swasta. Namun, permasalahan tersebut tentunya tidak berlaku bagi para PNS.

Berbeda dengan profesi pada umumnya, seorang PNS tidak akan di PHK begitu saja. Selama yang bersangkutan bekerja dengan tulus dan jauhi tindakan kriminal, maka kehidupan menjadi seorang PNS akan terjamin hingga memasuki usia pensiun nanti.

4. Memiliki jam kerja yang teratur

Mendapat gaji dan tunjangan yang besar, jauh dari ancaman PHK, dan memiliki jam kerja yang teratur membuat kehidupan PNS semakin banyak diminati oleh para mertua.

Hal ini yang menjadi salah satu pertimbangan para orang tua agar anaknya menikah dengan PNS. Sebab sebagai orang tua tentu mereka ingin anak-anaknya memiliki waktu yang cukup bagi keluarga.

5. Mendapatkan pensiunan

PNS tentu tidak akan khawatir di masa tua akan kekurangan. Pasalnya, PNS yang telah purnabakti akan mendapatkan pesangon yang akan diterima setiap bulan.

Jadi di masa tua nanti, seorang pensiunan PNS masih dapat terjamin hidupnya.

Simak juga Video: Kata Anies Gaji PNS DKI Fresh Graduate Rp 12-18 Juta, Faktanya?

[Gambas:Video 20detik]




(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT