ADVERTISEMENT

Sosok Niluh Djelantik Pengusaha Sepatu yang Mundur dari Nasdem

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 04 Okt 2022 17:17 WIB
Niluh Djelantik
Foto: Instagram @niluhdjelantik
Jakarta -

Heboh Niluh Djelantik mundur dari Partai NasDem setelah partai itu mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) 2024. Pengumuman mundurnya Niluh disampaikan melalui akun Instagram pribadinya hari ini.

Siapa Niluh Djelantik?

Niluh Djelantik memang terkenal sebagai politisi, selain itu ia juga merupakan pengusaha sekaligus desainer sepatu. Karyanya pun sudah dipakai oleh artis dalam negeri hingga luar negeri.

Pemilik nama lengkap Niluh Putu Ary Pertami Djelantik adalah perempuan asli Bali. Ia lahir pada 15 Juni 1975, mengutip dari detikBali, Selasa (4/10/2022).

Niluh Djelantik sendiri menempuh pendidikan di Universitas Gunadarma Jakarta. Tamat kuliah, ia pulang ke Bali dan bekerja di perusahaan busana milik seorang berkebangsaan Amerika Serikat.

Lahir dan dibesarkan di Bali, Niluh Djelantik selalu punya kisah manis dengan sepatu. Dia mendirikan brand 'Nilou' pada 2003, dimulai dengan mempekerjakan dua pengrajin sepatu lokal.

Selain terkenal sebagai seorang politisi, Niluh juga memiliki bisnis sepatu dengan merk Niluh Djelantik. Sepatu hasil buah tangannya sudah diakui oleh artis sampai mancanegara, mulai dari Gisele Bundchen hingga Julia Robert.

Kemudian, dikutip dari Wolipop, bisnis sepatu yang dijalankan Niluh bukan tanpa hambatan. Pada 2005, Niluh mendapat tawaran dari distributor Prancis dan Italia untuk menjadi partner mereka. Namun, penawaran itu memaksa Niluh memindahkan produksi ke China.

Ia memutuskan tidak mau berpisah dengan para karyawannya, Niluh pun menolak. Akhirnya distributor itu mendirikan merek sendiri bernama Nilou yang hanya bertahan satu musim.

Setelah itu, Niluh mulai bekerjasama dengan merek-merek internasional seperti Zimmerman, Charlie Joe, dan Tristan Blair. Meski harus menempelkan brand dan negara lain di sepatu produksinya, ia rela asal tetap bersama anak-anak buahnya.

Hingga pada 2008, Niluh akhirnya membuat brand baru dengan nama Niluh Djelantik yang kemudian langsung dipatenkan. Merek itupun juga telah meluas dan terkenal hingga mancanegara.

(ada/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT