Bukan dari Italia, La Fonte Ternyata Produk Asli RI, Nih yang Punya

ADVERTISEMENT

Bukan dari Italia, La Fonte Ternyata Produk Asli RI, Nih yang Punya

Almadinah Putri Brilian - detikFinance
Sabtu, 08 Okt 2022 06:00 WIB
Pasta dan Saus Pasta
Ilustrasi Pasta/Foto: iStock
Jakarta -

La Fonte merupakan salah satu merek pasta yang sering kita lihat di supermarket. Seringkali La Fonte dikira produk luar negeri karena namanya menggunakan bahasa Italia. Namun, ternyata La Fonte merupakan produk asli Indonesia lho! Lantas, siapa pemilik La Fonte ini?

La Fonte merupakan produk buatan dari PT Bogasari Flour Mills (Bogasari) yang kini menjadi salah satu divisi di PT Indofood Sukses Makmur Tbk milik Salim Group.

Bogasari sendiri sudah berdiri sejak 19 Mei 1969. Pada awalnya, perusahaan ini berfungsi sebagai pengolah yang menggiling gandum menjadi tepung terigu.

Pada 29 November 1971, Bogasari resmi beroperasi sebagai pabrik penggilingan gandum pertama di Indonesia yang berlokasi di Tanjung Priok, Jakarta Utara. Saat itu, Bogasari meluncurkan tiga produk perdana yaitu Cakra Kembar, Segitiga Biru, dan Kunci Biru.

Pada 18 Desember 1991, Bogasari mengoperasikan pabrik pasta pertama di Indonesia. Pabrik itu memproduksi berbagai jenis makanan asal Italia seperti spaghetti, spaghettini, fetucini, vermicelli, dan macaroni dengan merek La Fonte.

Pada tahun 1992, PT Bogasari Flour Mills diakuisisi oleh PT Indocement Tunggal Prakarsa dan berganti status menjadi divisi, bukan lagi PT. Lalu pada tahun 1995, Bogasari diakuisisi sebagai divisi di dalam PT Indofood Sukses Makmur. Secara legal, nama industri Bogasari menjadi PT Indofood Sukses Makmur, Tbk., Divisi Bogasari Flour Mills.

Bogasari terus mengembangkan produk-produknya, termasuk La Fonte. Pada tahun 2017, Unit Pasta Bogasari meluncurkan produk baru bernama Lasagna Lafonte.

Selain pasta, La Fonte juga memiliki produk lainnya seperti La Fonte Sauce dan La Fonte Pronto. La Fonte Sauce merupakan produk saus pasta sedangkan La Fonte Pronto memiliki produk berupa spaghetti siap saji dan sup makaroni siap saji.

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT