Penjual Mukena Asal Solo Raih Omzet Miliaran Rupiah, Ini Rahasianya

ADVERTISEMENT

Penjual Mukena Asal Solo Raih Omzet Miliaran Rupiah, Ini Rahasianya

Dea Duta Aulia - detikFinance
Sabtu, 08 Okt 2022 12:12 WIB
CEO Putri Dania, Rifqi Nahdi
Foto: Shopee
Jakarta -

Jeli dalam melihat dan memanfaatkan peluang merupakan hal yang harus dilakukan oleh para pelaku usaha. Jika tidak jeli dalam melihat peluang maka usaha yang dibangun cenderung tidak akan berkembang secara maksimal.

Faktor itu lah yang dimanfaatkan oleh CEO Putri Dania, Rifqi Nahdi dalam mengembangkan bisnis mukena. Ia melihat mukena berbahan rayon masih belum banyak di jual di pasar daring. Fenomena tersebut membuat dirinya tidak mau menyia-nyiakan peluang yang ada.

"Langkah ini lah yang menjadi titik balik kesuksesan bisnis Putri Dania," kata Rifqi dalam keterangannya, Sabtu (8/10/2022).

Ia menuturkan perjalanan bisnis mukenanya yang sudah dijalankan sejak 2018 mengalami naik-turun. Sebelum masuk ke ranah digital, ia mengakui penjualannya tidak kunjung meningkat.

Baru pada 2020 lalu, ia memberanikan diri untuk masuk platform digital agar dapat menjangkau konsumen dari berbagai daerah. Hal tersebut diungkapkan olehnya saat menghadiri peluncuran wajah baru platform Shopee Berkah di Solo, Jumat (7/10/2022).

"Sejak gabung menjadi penjual di Shopee, kami mulai memanfaatkan berbagai fitur dan program untuk mendorong penjualan di kanal online. Hampir semua program dan fitur kami maksimalkan dengan tujuan agar Putri Dania bisa dikenal luas di Indonesia yang mayoritas masyarakatnya beragama muslim. Alhamdulillah, kini kami bisa mencapai omzet hingga miliaran rupiah per bulan, terlebih di momentum penting seperti Ramadan," jelasnya.

Menurutnya, meroketnya omzet yang didapatkan tidak terlepas dari upayanya memanfaatkan sejumlah fitur dan program yang terdapat di platform tersebut. Ia menilai fitur di Shopee saling melengkapi dan terintegrasi sehingga mampu mendatangkan traffic ke toko, serta mendorong penjualan. Dari beragam fitur dan program yang diikuti, salah satu yang menurut Rifqi paling efektif adalah layanan Iklan Shopee.

"Kalau punya bisnis, kita nggak boleh cepat puas dengan pencapaian yang sudah kita dapat. Harus ada peningkatan. Dalam hal ini, Shopee sangat membantu saya untuk mencapai itu," katanya.

Upayanya membawa Putri Dania masuk ke ranah digital menjadi berkah bagi Rifqi. Pasalnya dirinya mampu menjual mukena hingga belasan ribu produk dalam sebulan. Bahkan sejumlah produknya pun masuk ke pasar luar negeri.

"Beberapa program pelatihan gratis tersedia buat kami para penjual, seperti yang saya ikuti yakni Program Kampus Shopee dan Program Ekspor Shopee. Hasilnya nggak main-main. Dari bisnis lokalan produk mukena rayon, kami bisa tembus pasar global sampai ke Malaysia, Singapura, dan Thailand," ujar Rifqi.

Shopee Barokah Bantu UMKM Jangkau Pasar Muslim Indonesia

Kehadiran Shopee Barokah sebagai ekosistem yang menopang industri kreatif Islami dan menjadi rumah bagi produk halal diharapkan dapat memaksimalkan potensi pasar halal terutama di Indonesia.

Berdasarkan data indonesia Halal Market Report 2021/2022, Indonesia adalah pasar konsumen halal terbesar di dunia dengan nilai konsumsi produk halal mencapai 184 miliar dolar AS pada tahun 2020. Dari tingkat konsumsinya pun produk dan layanan halal domestik diprediksi tumbuh tumbuh 14,96 persen dari sekitar 184 miliar dolar AS, menjadi 281,6 miliar dolar AS pada 2025.

"Kehadiran Shopee Barokah tentunya bisa membantu saya dan jutaan UMKM lainnya yang menjual produk-produk nuansa Islami semakin dikenal, baik di dalam negeri maupun mancanegara," tutup Rifqi.

(fhs/fhs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT