Peringatan dari SBY: Dunia Bisa Alami Triple Crises!

ADVERTISEMENT

Peringatan dari SBY: Dunia Bisa Alami Triple Crises!

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 11 Okt 2022 14:59 WIB
SBY sebagai keynote speaker di HUT SMA 1 Pacitan
Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) wanti-wanti dunia bisa alami triple crises/Foto: Tangkapan layar
Jakarta -

Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengingatkan dunia bisa mengalami krisis di tiga sektor secara berbarengan (triple crisis). Pemimpin dunia diminta bertindak secara nyata untuk menyelamatkan dunia termasuk memanfaatkan KTT G20 di Bali November mendatang.

Hal tersebut disampaikan SBY di akun Twitter resminya lewat cuitan berseri seperti dilihat Selasa (11/10/2022). Cuitan ini ditandai *SBY* yang berarti dicuitkan sendiri oleh mantan ketua umum Partai Demokrat itu.

"Ada 2 berita buruk saat ini tentang dunia kita. Pertama, resesi ekonomi global sepertinya bakal terjadi (simak pernyataan IMF dan Bank Dunia). Kedua, perang di Ukraina makin membahayakan bagi keamanan internasional (ikuti perkembangan terkini di Ukraina)," kata SBY mengawali cuitannya.

SBY menilai resesi ekonomi global yang diprediksi akan terjadi pasti semakin memukul kehidupan semua bangsa yang saat ini sudah dalam keadaan susah. Jika perang di Ukraina makin 'liar' dan tidak terkendali, terjadinya perang dunia disertai penggunaan senjata nuklir bisa menjadi kenyataan.

"Kita tahu dampak buruk jika krisis ekonomi global terjadi disertai 'cost of living crisis', dan perang besar terjadi di Eropa yang libatkan Barat (AS dan sekutunya) melawan Rusia dan sekutunya. Tentunya kita tidak ingin mengalami lagi Great Depression sebelum Perang Dunia II dulu," ujar SBY.

Di halaman selanjutnya SBY wanti-wanti dunia bisa alami Triple Crises. Langsung klik

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT