Lion Air Buka-bukaan Pilotnya Bikin Rusuh di Pesawat Turki

ADVERTISEMENT

Lion Air Buka-bukaan Pilotnya Bikin Rusuh di Pesawat Turki

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Rabu, 12 Okt 2022 15:54 WIB
Medan -

Lion Air Group memberikan keterangan resmi dalam menyikapi perkembangan informasi terkait salah satu karyawan yang berada pada penerbangan internasional rute Istanbul, Turki menuju Jakarta, Indonesia pada Selasa 11 Oktober 2022.

Penumpang laki-laki berinisial MJ (48) adalah benar salah satu karyawan Lion Air Group. Lion Air Group menegaskan penumpang dimaksud (yang bersangkutan) sedang tidak dalam posisi bertugas kepentingan profesi dan perusahaan, dalam hal ini yang bersangkutan melakukan perjalanan untuk keperluan pribadi (masa cuti/on leave).

"Lion Air Group sangat mendukung keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penerbangan. Mengenai insiden atau peristiwa yang terjadi, Lion Air Group menghormati upaya-upaya penanganan yang sudah dan sedang dilakukan oleh pihak terkait dan berkepentingan, diharapkan diselesaikan menurut pedoman ketentuan yang berlaku," kata Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan tertulis, Rabu (12/10/2022).

Ia menambahkan, Lion Air Group mendukung instansi atau lembaga yang berwenang untuk mendalami dan menyelesaikan insiden tersebut.

"Lion Air Group tidak mencampuri ke ranah pribadi. Berkaitan tindakan yang dilakukan dari oknum menjadi tanggung jawab pribadi sebagai seorang penumpang," tambahnya.

Menurutnya, Lion Air Group meminta agar tidak melibatkan perusahaan (institusi Lion Air Group) yang bersifat tendensius, yang berdampak merugikan perusahaan.

"Lion Air Group sangat patuh terhadap aturan dan ketentuan yang diberlakukan dalam mengedepankan faktor-faktor yang memenuhi keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan," jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pesawat Turkish Airlines terpaksa mendarat darurat di Bandara Kualanamu. Penyebabnya adalah penumpang Indonesia yang mabuk dan bikin onar.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan menjelaskan, penumpang bernama Muhammad John (48) berbuat onar di pesawat Turkish Airlines. John memukul salah satu pramugari. Ketika itu, John dalam keadaan mabuk.

Setelah ditelusuri, John ternyata adalah pilot dari Batik Air yang merupakan bagian dari Lion Air Group.

(ang/ang)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT