Zulhas Bicara Industri Kopi RI, Bahas Ekspansi Ekspor

ADVERTISEMENT

Zulhas Bicara Industri Kopi RI, Bahas Ekspansi Ekspor

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Rabu, 12 Okt 2022 18:12 WIB
Industri Kopi
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan bertemu dengan Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI). Dalam pertemuan itu, Zulkifli Hasan atau yang akrab disapa Zulhas membahas tentang industri kopi di Tanah Air.

Zulhans mengaku mendukung segala bentuk dan usaha dari AEKI untuk meningkatkan perdagangan kopi baik di Nasional maupun Internasional. Ia ingin industri kopi bisa terus maju.

"Kami senang jika AEKI memang betul memikirkan kesejahteraan dan kemajuan para coffee stakeholder di Indonesia. Kami mendukung penuh AEKI di segala prosesnya menuju kemajuan dan proses peningkatan perdagangan kopi. Kami siap membantu dan mendukung AEKI," Zulhas dalam keterangannya, Rabu (12/10/2022).

Sementara itu, Ketua UMUM AEKI Irfan Anwar menyampaikan banyak hal di dalam pertemuan tersebut. Salah satu yang disampaikan ialah terkait dengan tantangan yang dihadapi para petani kopi, hingga pelaku usahanya.

Dalam pertemuan tersebut pula, ada beberapa point penting yang dibahas yaitu Peningkatan kemajuan perkopian Nasional, Modernisasi Asosiasi Kopi, bertambahnya ekspansi negara-negara tujuan ekspor kopi baru yaitu ke Non-Traditional Country, dan yang paling penting adalah Peningkatan kesejahteraan 2 juta coffee stakeholder.

Pembahasan tersebut diangkat sebagai bentuk nyata dari kepedulian AEKI pada perkembangan industri kopi di Indonesia. Segala bentuk kegiatan dan usaha akan dilakukan satu per satu demi kebangkitan dan kemajuan perdagangan industri kopi di Indonesia.

Irfan meyakini ke depannya industri kopi akan jauh lebih berkembang dan maju lagi, perlahan angka penjualan kopi harus meningkat. Selain meningkatnya harga kopi, tentu para petani kopi harus bertambah kesejahteraannya. Melalui pertemuan ini Irfan berharap adanya dukungan dari Pemerintah.

"Ke depannya akan banyak kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan untuk kemajuan industri kopi di Indonesia. Diharapkan seluruh coffee stakeholder dan AEKI pun bisa bekerja sama dengan baik untuk kepentingan bersama," jelasnya.

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT