d'Mentor: Standar Gaji Gen Z Saat Resesi

ADVERTISEMENT

d'Mentor: Standar Gaji Gen Z Saat Resesi

Vandy Yansa - detikFinance
Kamis, 13 Okt 2022 14:25 WIB
Jakarta -

Dalam dunia kerja, ancaman nyata yang muncul pada masa resesi adalah pengurangan jumlah karyawan. Kondisi ini, sering disebut dengan istilah efisiensi. Ini adalah bentuk adaptasi sebuah perusahaan yang membaca dan memprediksi pasar akibat berbagai gejolak perekonomian yang muncul.

Pada kuartal kedua 2022, efisiensi pernah masif dilakukan. Kala itu, banyak perusahaan marketplace yang terpaksa melepas banyak karyawannya untuk bertahan dari kondisi yang oleh banyak pihak disebut start up bubble burst. Kini, oleh para pengamat ekonomi kondisi serupa mungkin saja kembali terjadi.

Sementara para kaum pekerja mulai ketar-ketir akan nasibnya, para calon pekerja baru bermunculan dari setiap kampus yang meluluskan mereka. Tidak hanya bertarung melawan sesama fresh graduate, mereka pun harus memiliki nilai lebih dari para pekerja yang sudah berpengalaman.

Di sisi lain, tidak sedikit para lulusan baru yang berani memasang 'harga' tinggi. Padahal, sebagian dari mereka tidak memiliki pengalaman serta keahlian tambahan untuk meningkatkan nilai jual. Akhirnya, nama almamater menjadi pamungkas untuk menunjukkan kualitas yang hanya tertulis di dalam kertas.

d'Mentor kali ini akan membahas mengenai kiat-kiat para fresh graduate untuk bertarung dalam memperoleh pekerjaan dalam situasi anomali, resesi. Mengangkat tema "Standar Gaji Gen Z Saat Resesi", diskusi kali ini akan mengulas apa saja yang perlu dipersiapkan oleh calon pegawai jauh hari sebelum siap mencari pekerjaan, bagaimana membangun personal branding untuk menunjukkan soft skill serta hard skill yang dimiliki.

Sebaliknya, dalam forum ini juga akan membahas bagaimana seorang HRD menilai kualitas seorang calon pegawai. Dari kacamata psikologi, akan diulas indikator apa saja yang mereka gunakan untuk menilai hal tersebut.

Menghadirkan Career Mentor & Ex-Mining HR Iestri Kusumah, saksikan langsung d'Mentor Live di web serta kanal Youtube detikcom, Kamis 13 Oktober 2022 pukul 19.00 WIB. Bagi anda yang ingin terlibat dalam diskusi, sampaikan pertanyaan anda langsung melalui kolom komentar atau link zoom yang tertera di sepanjang acara.

(vys/ed)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT