BLT Gaji atau BSU Tahap 6 Bakal Cair, Begini Syarat dan Cara Dapatnya

ADVERTISEMENT

BLT Gaji atau BSU Tahap 6 Bakal Cair, Begini Syarat dan Cara Dapatnya

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Senin, 17 Okt 2022 14:55 WIB
Cek BLT BPJS Ketenagakerjaan, Ini Caranya!
BLT Gaji atau BSU Tahap 6/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Penyaluran BLT gaji atau BSU sebesar Rp 600.000 telah mencapai tahap 6. Meski demikian waktu pencairan BSU tahap 6 ini masih belum dapat dipastikan.

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) mengungkapkan penyaluran bantuan subsidi upah (BSU) Tahap 6 masih menunggu data calon penerima dari BPJS Ketenagakerjaan (BP Jamsostek).

"Kami tunggu data dari BPJS Ketenagakerjaan," ujar Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi, Kamis (13/10/2022), sebagaimana dikutip dari CNBC Indonesia.

Dalam hal ini BPJS Ketenagakerjaan mendapat tugas menyortir data calon penerima yang menjadi peserta aktif hingga Juli 2022 dengan gaji di bawah Rp3,5 juta per bulan atau lebih rendah dari upah minimum di lokasi bekerja.

Sementara itu hingga pekan ini, pemerintah telah menyalurkan BSU Tahap 1-5 dengan total penerima bantuan subsidi sebanyak 8.431.666 pekerja dari target 14,6 juta penerima.

Meski demikian memang tidak semua orang bisa mendapatkan BLT gaji atau BSU tahap 6 ini. Program bantuan ini diberikan kepada pekerja atau buruh yang memenuhi persyaratan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 10 Tahun 2022.

Lalu, apakah anda termasuk salah satu di antaranya? Berikut syarat dan cara mengecek apakah Anda penerima BLT gaji atau BSU tahap 6.

Syarat Penerima BLT Gaji atau BSU Tahap 6 Rp 600.000

1. WNI
2. Peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan per Juli 2022
3. Mempunyai gaji/upah paling tinggi Rp3,5 juta (Pekerja/Buruh yang bekerja di wilayah dengan upah minimum provinsi atau kabupaten/kota lebih besar dari Rp 3,5 juta, maka persyaratan Gaji/Upah tersebut menjadi paling banyak sebesar upah minimum kabupaten/kota atau Provinsi dibulatkan ke atas hingga ratus ribuan penuh)
4. Dikecualikan untuk mereka yang sudah menerima PKH (Program Keluarga Harapan), BPUM (Bantuan Produktif Usaha Mikro), Kartu Prakerja, ASN, dan TNI-Polri.

Cara Cek Calon Penerima BLT Gaji atau BSU Tahap 6 Rp 600.000

1. Kunjungi situs kemnaker.go.id
2. Daftar akun. Apabila belum memiliki akun, maka Anda harus melakukan pendaftaran. Lengkapi pendaftaran akun. Aktivasi akun dengan menggunakan kode OTP yang akan dikirimkan ke nomor handphone Anda.
3. Login ke dalam akun Anda
4. Lengkapi profil Anda seperti foto profil, tentang Anda, status pernikahan, dan tipe lokasi
5. Cek pemberitahuan

Apabila Anda terdaftar sebagai calon penerima BSU atau BLT subsidi gaji maka Anda akan mendapatkan notifikasi telah terdaftar sebagai calon penerima BSU atau BLT subsidi gaji, namun apabila Anda tidak terdaftar maka Anda akan mendapat notifikasi tidak terdaftar sebagai calon penerima BSU atau BLT subsidi gaji.

Jika Anda memenuhi syarat penerima BSU tahap 6 2022 atau BLT subsidi gaji tetapi tidak terdaftar, segera hubungi contact center BPJS Ketenagakerjaan di website bpjsketenagakerjaan.go.id, telepon di nomor 175 atau WhatsApp di nomor +6281380070175.

Lihat juga video 'Mensos Risma: BLT Diturunkan Saat Kondisi Tak Stabil':

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT