Benar Nggak Sih RI Bakal Resesi Tahun Depan?

ADVERTISEMENT

Benar Nggak Sih RI Bakal Resesi Tahun Depan?

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 17 Okt 2022 15:02 WIB
Prekonomian Indonesia dipastikan 99% masuk jurang resesi. Itu artinya pertumbuhan ekonomi nasional bakal minus lagi di kuartal III-2020.
Resesi (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Para influencer di TikTok tengah ramai membahas mengenai resesi ekonomi tahun depan. Hal itu dibahas memang awalnya dari informasi yang disampaikan oleh pemerintah beberapa minggu belakangan ini.

Keterangan mengenai kondisi ekonomi global yang berat tahun depan disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurutnya sederet lembaga keuangan internasional menyebutkan tahun depan keadaan ekonomi akan semakin gelap.

"Itu yang saya sampaikan itu dunia, ekonomi dunia tahun depan, memang semua lembaga internasional sampaikan dalam posisi yang tidak baik dan posisi lebih gelap," ujar Jokowi usai melakukan peresmian groundbreaking pabrik pipa di KIT Batang, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu, dikutip lagi Senin (17/10/2022).

Selain itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati juga pernah mengungkap kondisi ekonomi di 2023. Suku bunga yang tinggi di berbagai negara berpotensi mempengaruhi kinerja ekonomi global terkoreksi ke bawah.

Sri Mulyani mengatakan kondisi ini dapat menciptakan stagflasi. Stagflasi adalah situasi di mana pertumbuhan ekonomi melambat, disertai dengan kenaikan harga (inflasi).

"Kenaikan suku bunga untuk menekan inflasi berpotensi mempengaruhi kinerja ekonomi global 2023 yaitu potensi koreksi ke bawah. Inflasi yang meningkat dan pertumbuhan ekonomi yang melambat dapat menciptakan situasi stagflasi," kata Sri Mulyani dalam rapat paripurna di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (29/9/2022).

Dalam kesempatan itu, Sri Mulyani menyebut negara seperti Amerika Serikat (AS) dan Uni Eropa (UE) bahkan berpotensi mengalami resesi pada 2023. Padahal negara maju tersebut merupakan penggerak perekonomian dunia.

Apakah Ekonomi Indonesia Aman dari resesi? Buka halaman selanjutnya untuk dapat jawabannya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT