Pj Gubernur DKI Heru Budi Datangi Kementerian BUMN, Ada Apa?

ADVERTISEMENT

Pj Gubernur DKI Heru Budi Datangi Kementerian BUMN, Ada Apa?

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 19 Okt 2022 11:37 WIB
PJ Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono Datangi Kementerian BUMN
Heru Budi Hartono dan Erick Thohir (Foto: Anisa Indraini/detikcom)
Jakarta -

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono hari ini mendatangi Kementerian BUMN. Kedatangannya bermaksud menemui Menteri BUMN Erick Thohir untuk membahas sinergi transportasi publik dan pemanfaatan aset bersama.

Erick mengatakan ke depan pihaknya akan lebih maksimal mensinergikan transportasi publik yang dimiliki BUMN dengan Pemda DKI Jakarta. Hal ini agar mempermudah akses penumpang sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Hari ini sudah mulai terjadi tapi belum maksimal. Ini yang mesti kita dorong karena belum ada payung bersama antara pemerintah pusat dan daerah. Ini kan MRT masih sendiri, commuter line masih sendiri, mimpinya Bapak Presiden bagaimana ini jadi satu-kesatuan," kata Erick di Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Rabu (19/10/2022).

Pertemuan dengan Heru Budi tersebut untuk memastikan dan meningkatkan kerja sama yang sudah terjalin antara pemerintah provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan BUMN. Apalagi rencananya transportasi publik di Jakarta akan terkoneksi satu sama lain dalam hal ini TransJakarta, MRT, KRL, hingga Kereta Bandara.

"Tidak mungkin kita terus bergantung kepada makin banyaknya kendaraan umum atau swasta, tapi yang namanya kereta api dan lainnya tidak menjadi pilihan utama," tuturnya.

Selain itu, keduanya juga membahas terkait sinkronisasi aset yang dimiliki BUMN dan Pemda untuk jadi fasilitas publik dan mendukung UMKM. Erick berencana mempercantik kawasan Kementerian BUMN, jembatan Sarinah, hingga Tugu Monas menjadi area publik yang ramah lingkungan.

"Supaya kita mengurangi beban pusat bisnis hanya di satu titik. Bayangkan dari Sarinah, ke bank mandiri, ke Monas, sampe sini kebayang kan. Monas tentu akan jadi bagian publik area yang hijau. Hijaunya jangan tanggung, kalau di Senayan kompleks GBK bagus. Ini yang kita mau terapkan di tempat kita. Ini kita coba sinkronisasikan," pungkasnya.

Lihat juga video 'Saat Balai Kota DKI Kembali Diramaikan Warga yang Sampaikan Aduan':

[Gambas:Video 20detik]



(aid/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT