Ini Dia 5 Juragan Supermarket Raksasa di Indonesia

ADVERTISEMENT

Ini Dia 5 Juragan Supermarket Raksasa di Indonesia

Almadinah Putri Brilian - detikFinance
Rabu, 19 Okt 2022 11:37 WIB
antre supermarket
Ilustrasi Supermarket/Foto: iStock
Jakarta -

Supermarket memiliki peran yang cukup penting dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Mulai dari kebutuhan sandang hingga pangan. Indonesia punya banyak supermarket raksasa.

Beberapa pengusaha pun ikut berkecimpung dalam bisnis ritel supermarket. Bahkan bisnis ritel kelolaan mereka menjadi yang terbesar di Indonesia. Berikut merupakan lima pengusaha Indonesia yang memiliki bisnis supermarket besar di Indonesia.

1. Chairul Tanjung

Chairul Tanjung atau CT memang diketahui memiliki bisnis ritel supermarket, yaitu Transmart. Selain itu, CT juga memegang waralaba Wendy's, Versace, Mango, dan Jimmy Choo di Indonesia.

Pemilik CT Corp ini diketahui juga memiliki saham di maskapai nasional Garuda Indonesia. Melansir dari Forbes Real Time Net Worth, Rabu (19/10/2022), CT memiliki harta kekayaan senilai US$ 5,3 miliar atau sekitar Rp 82 triliun (kurs Rp 15.480). Ia juga termasuk jajaran 50 orang terkaya di Indonesia peringkat ke-6 pada tahun 2021.

2. Anthoni Salim

Mungkin banyak dari kita yang tidak asing mendengar nama Anthoni Salim. Anthoni Salim merupakan bos dari Grup Salim saat ini yang paling dikenal dengan dua emiten konsumen yang dimiliki yaitu PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) dan anak usahanya, PT Indofoof CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP).

Namun, siapa sangka bahwa Anthoni Salim juga pemilik dari Indomaret, salah satu ritel yang besar di Indonesia. Saat ini, perusahaan jaringan ritel tersebut memiliki 20.000 gerai dan 31 kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Melansir dari Forbes, Rabu (19/10/2022), kekayaan Anthoni Salim dan keluarga mencapai Rp 8,5 miliar atau sekitar Rp 131,5 triliun.

3. Djoko Susanto

Djoko Susanto merupakan pemilik ritel yang memiliki jaringan luas dan dikenal sebagai kompetitor Indomaret, yaitu Alfamart. Alfamart sendiri diketahui memiliki lebih dari 18.000 gerai di seluruh Indonesia.

Berdasarkan catatan detikfinance, Alfamart yang berada di bawah naungan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk itu kini berada di bawah pengawasan kedua anak Djoko, yaitu Feny Djoko Susanto sebagai Presiden Komisaris dan Budi Djoko Susanti sebagai Komisaris.

Melansir dari Forbes, Rabu (19/10/2022), Djoko Susanto memiliki kekayasaan sebesar US$ 3,7 miliar atau sekitar Rp 57 triliun.

4. James Riady

James Riady merupakan anak dari pemilik Lippo Grup, Mochtar Riady. James Riady merupakan pemilik ritel Hypermart. Selain Hypermart, terdapat bisni lainnya yang ia dirikan seperti Foodmart hingga Matahari.

Melansir dari Forbes, Rabu (19/10/2022), Keluarga Riady memiliki kekayasaan sebesar US$ 1,4 miliar atau sekitar Rp 21 triliun.

5. Muhammad Saleh Kurnia

Muhammad Saleh Kurnia merupakan pemilik dari PT Hero Supermarket Tbk (Hero Group) yang didirikan pada tahun 1971. Selain supermarket Hero, Hero Group juga memiliki berbagai unit bisnis seperti Guardian dan IKEA.

Demikian 5 pengusaha Indonesia yang memiliki bisnis ritel besar di Indonesia.

Lihat juga video 'Belanja Sambil Cicipi Hidangan Autentik Korea di GS The Fresh':

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT