Sinergi BPJS Ketenagakerjaan Tingkatkan Manfaat Menjadi Peserta

ADVERTISEMENT

Sinergi BPJS Ketenagakerjaan Tingkatkan Manfaat Menjadi Peserta

Atta Kharisma - detikFinance
Jumat, 21 Okt 2022 14:06 WIB
BP Jamsostek
Foto: BP Jamsostek
Jakarta -

BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) menggelar kerja sama dengan PT Bank MNC Internasional Tbk (MNC Bank) dan PT MNC Teknologi Nusantara. Kolaborasi ini bertujuan untuk memudahkan peserta dan nasabah dalam mengakses layanan kepesertaan BPJAMSOSTEK dan layanan perbankan dari MNC Bank, serta menginisiasi Account Linkage antara aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) dan MotionPay.

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama oleh perwakilan ketiga pihak, di antaranya Direktur Pelayanan Roswita Nilakurnia, Direktur Perencanaan Strategis dan TI Pramudya Iriawan Buntoro dan Direktur Kepesertaan Zainudin dari pihak BPJAMSOSTEK, COO MotionPay Sukma Archie dan Direktur PT MNC Teknologi Nusantara & Managing Director Digital Financial Services PT MNC Kapital Indonesia Jessica Tanoesoedibjo, serta Presiden Direktur PT Bank MNC Internasional Rita Montagna.

Acara penandatanganan itu turut dihadiri Direktur Utama BPJAMSOSTEK Anggoro Eko Cahyo, Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo dan CEO BCAP Yudi Hamka.

Anggoro menyampaikan kerja sama yang dilakukan ini bertujuan untuk meningkatkan kemudahan bagi seluruh pekerja Indonesia dalam melakukan pendaftaran dan pembayaran iuran.

"Kami berkomitmen untuk selalu mengedepankan pelayanan yang optimal kepada seluruh peserta, mulai dari informasi, pendaftaran menjadi peserta hingga saat peserta menerima hak manfaat program jaminan sosial ketenagakerjaan demi mewujudkan customer experience terbaik, dan kerja sama dengan MNC Group ini merupakan salah satu terobosan yang baik untuk mewujudkannya," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (21/10/2022).

Anggoro menambahkan integrasi antara aplikasi JMO dan MotionPay, serta layanan perbankan oleh MNC Bank ini diharapkan akan semakin memberikan kemudahan kepada seluruh peserta maupun pekerja yang belum terlindungi.

"Kerja sama ini sudah sejalan dengan apa yang ditargetkan yaitu kepesertaan aktif sebanyak 70 juta tenaga kerja di akhir tahun 2026. Target utama kami untuk dilindungi saat ini adalah pekerja informal atau pekerja Bukan Penerima Upah (BPU)," tuturnya.

Sementara itu, Roswita mengungkapkan saat ini jumlah pekerja yang sudah mendownload aplikasi JMO sebanyak 16.9 juta, dan pengguna aktif di tahun 2022 telah mencapai 11 juta peserta. Sedangkan untuk jumlah yang mengajukan klaim JHT melalui JMO kurang lebih 70 ribu per bulan.

"JMO ke depannya akan menjadi aplikasi keseharian bagi pekerja, kami menambahkan fitur-fitur dan ini merupakan salah satu bentuk kerja sama, dengan menambahkan kanal edukasi entertainment dan juga kanal-kanal manfaat program di luar program utama misalnya manfaat perumahan, investasi dan pembiayaan," jelasnya.

Di sisi lain, Rita Montagna mengatakan ke depannya akan banyak hal yang tentunya membawa kebaikan terhadap masyarakat, khususnya nasabah MNC Bank dan pekerja Indonesia.

"Kerja sama dengan BPJAMSOSTEK ini akan memberikan dampak yang positif bagi MNC Bank karena dapat mendorong ekspansi usaha dan pertumbuhan nasabah MotionBanking secara signifikan. MNC Bank melalui MotionBanking juga berperan dalam mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan BPJAMSOSTEK khususnya dalam hal pendaftaran, pembayaran iuran maupun pencairan Jaminan Hari Tua," ucapnya.

Selain kemudahan daftar dan bayar, jelas Rita, MNC Bank dapat berkolaborasi lebih lanjut dengan Perisai (Penggerak Jaminan Sosial Indonesia) untuk bertindak sebagai agen dalam melakukan akuisisi nasabah MotionBanking. Dari sisi kredit, debitur Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dan Modal Ventura yang sumber dananya diperoleh dari MNC Bank (channeling) akan memperoleh fasilitas kepesertaan BPJAMSOSTEK, khususnya Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

Di akhir acara, Yudi Hamka menyampaikan dengan Account Linkage pengguna aplikasi JMO yang sudah memiliki akun MotionPay dapat mengecek saldo mereka lewat aplikasi, serta menggunakan MotionPay sebagai metode pembayaran untuk transaksi yang terjadi di aplikasi.

"Penandatanganan hari ini menandai dimulainya kolaborasi penting antara MNC Bank, MNC Teknologi Nusantara, dan BPJAMSOSTEK, yang akan terus berdampingan saling mendukung dalam berbagai aspek, mengembangkan fitur dan layanan terbaik untuk saling memberi keuntungan. Grup media kami juga diyakini akan berperan signifikan dalam meningkatkan awareness dan mendorong inklusi keuangan," terangnya.

"Dengan demikian, diharapkan akan semakin banyak pekerja Indonesia yang mendapat perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan secara lebih mudah dan nyaman, di mana hal tersebut juga membawa dampak signifikan dari segi user acquisition serta volume transaksi layanan keuangan kami, yang berujung pada peningkatan kesejahteraan nasional," pungkas Yudi.



Simak Video "Jokowi Minta BPJS Ketenagakerjaan Hati-hati Kelola Rp 607 T"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT